HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) : PEMBELAJARAN MATEMATIKA KONTEMPORER

Rio Fabrika Pasandaran, Desak Made Ristia Kartika

Abstract


pembelajaran. Pendidik harus terampil merancang desain pembelajaran yang tepat sehingga peserta didik memiliki peluang untuk meningkatkan kemampuan berpikir mereka sampai tingkat to analyze, to evaluate dan to create. Tiga peringkat paling atas dalam Taksonomi Bloom (yaitu menganalisis, mengevaluasi, menciptakan) adalah keterampilan berpikir tingkat tinggi atau dikenal dengan istilah HOTS (Higher Order Thinking Skill). Artikel ini memuat empat aspek penting dalam pembelajaran matematika berbasis HOTS dan strategi pembelajarannya berdasarkan paradigma pembelajaran konstruktivis.

Key Words : Hots, Pembelajaran, Matematika, Kontemporer

Full Text:

Untitled

References


Badjeber, R., & Purwaningrum, J. P. (2018). Pengembangan Higher Order thinking Skills dalam Pembelajaran Matematika di SMP. Guru Tua : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Vol 1. No.1 Novermber 2018. UNISA PALU.

Kartika, D. R., & Pasandaran, R. F. (2016). Analisis Kemampuan Guru dalam Menanamkan Konsep Limit Fungsi. Jurnal Pedagogy, Vol.1. No. 2. UNCP. Jurnal dapat diakses melalui http://journal.uncp.ac.id/index.php/Pedagogy/article/view/356

Mahmudi, A. (2009). Mengembangkan Kompetensi Guru Melalui Lesson Study. Forum Kependidikan. Vol 28. No 2. UNY.

Mahmudi, Ali. (2015). Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika FMIPA UNY.

Nurina, D. L., & Retnawati, H. (2015). Keefektifan Pembelajaran Menggunakan Pendekatan Problem Posing dan Pendekatan Open Ended Ditinjau dari HOTS. Phytagoras: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 10. No.2 Desember 2015. PPS UNY.

Pasandaran, R. F. (2018). Taksonomi SOLO (Structure Of Observed Learning Outcomes) sebagai Assesment Autentik untuk Membangun Kemampuan Literasi Mahasiswa dalam Mengidentifikasi Grafik Fungsi Trigonometri. Proximal : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. Vol 1. No. 1. 2018.UNCP. Jurnal dapat diakses melalui http://journal.uncp.ac.id/index.php/proximal/article/view/850.

Pasandaran, R. F., Kartika, D. R., & Masni, E. D. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) pada Pembuktian Dalil-dalil Segitiga. Prosiding Seminar Nasional UNCP. Volume 3 No 1, Februari 2018. Jurnal dapat diakses melalui http://www.journal.uncp.ac.id/index.php/proceding/article/view/783.

Umar, W. (2012). Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematka. Infinity : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi. Vol 1. No. 1.

Wibowo, A. (2017). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik dan Saintifik terhadap Prestasi Belajar, Kemampuan Penalaran Matematis dan Minat Belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4 (1), 2017-2.

Widyastuti, N. S., & Pujiastuti, P. (2014). Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik Indonesia Terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Logis Siswa. Jurnal Prisma Edukasia. Vol.2. No. 2 (2014).




DOI: http://dx.doi.org/10.30605/pedagogy.v4i1.1429

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Rio Fabrika Pasandaran, Desak Made Ristia Kartika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.