PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL

Saman Saman, Ma’rufi Ma’rufi, Arif Tiro

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil pengembangan media pembelajaran matematika pada materi persamaan linear dua variabel yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan pengembangan media pembelajaran matematika pada materi persamaan linear dua variabel dalam bentuk video pembelajaran yang dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan yang dikembangkan oleh Borg dan Gall yang terdiri atas sepuluh tahap namun dapat dikonsisikan oleh peneliti. Tahapan-tahapan tersebut adalah (1) Tahap Pengumpulan data, (2) Tahap perencanaan (3) Tahap pengembangan, dan (4) Tahap validasi dan uji coba. Uji coba terbatas pada guru dan siswa dimaksudkan untuk memperoleh respon, umpan balik terhadap media pembelajaran yang telah dikembangkan. Subjek uji coba penelitian pengembangan ini adalah guru dan siswa di SMPN Satap 4 Baebunta. Hasil penilaian dari ahli media dan ahli materi untuk media pembelajaran pada materi persamaan linear dua variabel dalam bentuk video pembelajaran, aspek media mendapatkan rerata perolehan dengan kategori valid dan aspek materi mendapatkan rerata perolehan dengan kategori valid. Hasil penilaian dari uji coba terbatas untuk media pembelajaran pada materi persamaan linear dua variabel dalam bentuk video pembelajaran, (1) Hasil respon guru mendapatkan rerata perolehan dengan kategori tinggi, (2) Hasil respon siswa mendapatkan rerata perolehan dengan kategori tinggi, (3) Ketuntasan klasikal tercapai diatas 50%, (4) Hasil skor motivasi siswa mendapatkan perolehan dengan kategori tinggi. Sehingga berdasarkan kriteria maka media pembelajaran pada materi persamaan linear dua variabel dalam bentuk video pembelajaran yang telah dikembangkan dinyatakan valid, praktis, dan efektif. Produk akhir penelitian ini adalah media pembelajaran pada materi persamaan linear dua variabel dalam bentuk video pembelajaran dikembangkan dengan menggunakan sparkol videoscribe.

Kata Kunci : Video Pembelajaran, Aplikasi Sparkol Videoscribe, SPLDV

Full Text:

Untitled

References


Abdul, M. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ahmadi, A. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Ahmadi, A. 2009. Psikologi Sosial. Rineka Cipta: Jakarta.

Ariani, N., dan Haryanto, D. 2010. Pembelajaran di Sekolah. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Arif Rohman. 2009. Memahami Pendidikan Dan Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: LaksBang Mediatama Yogyakarta.

Arifin, Z. 2012. Penelitian Pendidikan-Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Arsyad, A. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Arsyad, N. 2016. Model Pembelajaran Menumbuhkembangkan Kemampuan Metakognitif. Makassar: Pustaka Refleksi.

Aunurrahman. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Cetakan ke-4. Bandung: Alfabeta.

Borg and Gall. 1983. Educational Research, An Introduction. New York and London. Longman Inc.

Dimyati dan Mudjiono. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S. B. 1994. Prestasi Belajar Dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Eddy, S. 2010. Kamus Populer Bahasa Indonesia. Bandung: Sinergi Pustaka Indonesia.

Fansuri, H. 2007. Penerapan video pembelajaran untuk meningkatkan prestasi Belajar siswa kelas x teknik fabrikasi logam pada mata pelajaran Teori las oxy-acetylene di smk negeri 1 seyegan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Hakim, T. 2005. Belajar Secara Efektif. Jakara: Puspa Swara.

Hamalik, O. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Imam, T. 2010. Kamus Praktis Bahasa Indonesia,Bekasi: Ganeca Exact.

Isjoni. 2007. Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran KelompokBandung: Alfabeta.

Istiqlal, M. 2017. Pengembangan Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Volume 2 Nomor 1 P-ISSN: 2502-7638; E-ISSN: 2502-8391.

Mahfud, S. 1990. Pengantar Psikologi Pendidikan. Surabaya: PT Bina Ilmu.

Nashar, H. 2004. Peranan Motivasi & Kemampuan Awal. Jakarta: Delia Press.

Nugroho, S. 2017. pengembangan media pembelajaran interaktif pada diklat teknik digital SMK. Tesis tidak diterbitkan. Makassar. Universitas Negeri Makassar.




DOI: http://dx.doi.org/10.30605/pedagogy.v4i1.1426

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Saman Saman, Ma’rufi Ma’rufi, Arif Tiro

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.