PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBASIS LESSON STUDY PADA SISWA KELAS VIII.C SMPN 12 PALOPO

Ma'rufi Ma'rufi, Riska Adeliasari

Abstract


Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika siswa kelas VIII.C SMP Negeri 12 Palopo dengan tahap pelaksanaan meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan evaluasi, serta refleksi yang keseluruhannya merupakan suatu siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa pada satu kelas yaitu kelas VIII.C sebanyak 22 siswa, dan peneliti merupakan guru di SMPN 12 Palopo berkolaborasi dengan dosen program studi pendidikan matematika universitas cokroaminoto palopo. Hasil penelitian menunjukkan (1) pendekatan kontekstual berbasis lesson study dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII.C SMP Negeri 12 Palopo pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar. (2) Pendekatan kontekstual berbasis lesson study dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa serta meningkatkan keberanian siswa untuk mengemukakan pendapat. (3) Hampir semua siswa memberi tanggapan positif terhadap model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan pembelajaran kontekstual berbasis lesson study.
Kata Kunci : Kualitas Pembelajaran Matematika, Pendekatan Kontekstual, Lesson Study

References


Johnson, Elaine B. (2010). Contextual Teaching & Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung: Kaifa.

Jonassen, David H. (2004). Learning to Solve Problems: An Instructional Design Guide. USA: Pfeiffer.

Kunandar. (2010). Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan(KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Trianto. 2007. Mode-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik: Konsep, Landasan Teoritis-Praktis, dan Implementasinya. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Sururuddin, M. (2013). Pengembangan Model Pembelajaran Inovatif Melalui Kegiatan Lesson Study Pada Pelajaran Matematika, Sains Dan Bahasa Indonesia Di Gugus Sdn Kecamatan Selong Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Educatio, 8(2), 47-68.

Susanto, A. S. (2017, June). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Berbasis Lesson Study Terhadap Pemahaman Konsep Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematis. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (Vol. 1, No. 1, pp. 7-20).




DOI: http://dx.doi.org/10.30605/pedagogy.v3i2.1196

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Ma'rufi Ma'rufi, Riska Adeliasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.