PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN ARCGIS (GEOGRAPHIC INFORMATION SISTEM) DENGAN ADOBE FLASH CS6

Safwan Kasma, Nahrun Hartono, Darna Basmin

Abstract


Tujuan penelitian Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran ArcGIS (Geographic Information Sistem) dengan Adobe Flash CS6 ini adalah untuk memperoleh deskripsi tentang; (1) mengetahui kondisi pembelajaran mata kuliah sistem informasi geografis di Program Studi Teknik Informatika Universitas Cokroaminoto Palopo, (2) mengetahui proses pengembangan multimedia interaktif pembelajaran ArcGIS (Geographic Information Sistem) dengan Adobe Flash CS6 (3) mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan Multimedia Interaktif Pembelajaran ArcGIS (Geographic Information Sistem) dengan Adobe Flash CS6. Dalam merancang media pembelajaran ini, peneliti menggunakan model pengembangan Mardika yang diadaptasi dari tiga model dari model Borg & Gall, Dick & Carey dan Ariesto Hadi Sutopo. Produk yang dihasilkan adalah multimedia intraktif pembelajaran ArcGIS. Penelitian pengembangan ini dilaksanakan di Universitas Cokroaminoto Palopo Program Studi Teknik Informatika. Peserta didik dijadikan subjek uji coba dalam penelitian ini yakni 3 peserta didik pada uji coba one to one, 10 peserta didik pada uji coba kelompok kecil serta 30 peserta didik pada uji coba lapangan, 1 pendidik dan 2 pengamat pada uji coba terbatas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan pedoman wawancara dan angket. Hasil penelitian yakni; (1) pada kondisi awal pembelajaran cenderung didominasi oleh pendidik dengan menggunakan metode ceramah yang mengakibatkan peserta didik lebih banyak pasif, akibatnya peserta didik terkadang merasa jenuh tanpa memberi kesempatan pada peserta didik untuk terlibat aktif dalam pembelajaran; (2) proses pengembangan multimedia intraktif pembelajaran ArcGIS mengacu pada model Mardika yaitu analisis, desain pembelajaran, produksi multimedia, validasi ahli, revisi, uji coba produk dan (3) produk yang dihasilkan berupa multimedia intraktif pembelajaran ArcGIS telah valid, efektif dan praktis digunakan sebagai media pembelajaran mata kuliah sistem informasi geografis di Program Studi Teknik Informatika Universitas Cokroaminoto Palopo yang dianalisis menggunakan teknik deskriftif kuantitatif.

Kata Kunci : Multimedia, Multimedia Intraktif, ArcGIS, Sistem Informasi Geografis

Full Text:

Untitled

References


Kemendiknas, 2010. Pembinaan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.

M. Suyanto, 2005. Multimedia alat untuk meningkatkan keunggulan bersaing. Yogyakarta: Andi.

Tan Seng Chee & Angela F. L. Wong (Eds.)., 2003. Teaching and learning with technology: An asia-pacific perspective. Singapore: Prentice Hall.

Achan Jamalurrusid, 2009. Tesis Sistem Manajemen Pemelihraan Jalan Lingkungan Di Kota Probolinggo Dengan Sistem Informasi Geografish Magister Teknik Sipil Program Studi Teknik Rehabilitasi dan Pemeliharaan Bangunan Sipil Universitas Sebelas Maret, Hlm.42.

Mardika, I Nyoman. 2008. Pengembangan Multimedia Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris di SD. Tesis. Program Studi Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.