Desain Aplikasi Data Alumni Fakultas Teknik Komputer Universitas Cokroaminoto Palopo

Nirsal Nirsal, Isdarwansyah Isdarwansyah, Abdul Zahir

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendesain sebuah aplikasi data alumni Fakultas Teknik Komputer Universitas Cokroaminoto Palopo (FTKOMUNCP) berbasis website. Penelitian ini dilakukan di FTKOMUNCP karena belum adanya aplikasi yang digunakan dalam proses pengumpulan   data alumni yang dilakukan masih berbasis secara semi komputer sehingga dibutuhkan solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut diawali mendesain aplikasinya. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dengan menggunakan model waterfall dalam pengembangan perangkat lunaknya. Desain sistem dalam pemanfaatan aplikasi menggunakan pendekatan UML (Unified Modeling Language). Untuk pengkodean menggunakan bahasa pemrograman PHP (Personal Home Page) dan basis data MySQL (My Structur Query Language) yang dijalankan melalui web server yaitu menggunakan XAMPP versi 1.8.1., dan teknik pengujian aplikasi yang digunakan adalah teknik pengujian black box. Hasil dalam penelitian ini berupa desain aplikasi data alumni yang sudah dapat diimplementasikan.


Full Text:

PDF

References


“Educational Technology for Effective Service Delivery in Educational Training and Research in Nigeria - ScienceDirect.” https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S187704281500525X (diakses Sep 26, 2021).

K. Kurniawan, S. Vivi, dan B. A. Mutakin, “DESAIN DAN IMPLEMENTASI APLIKASI PENGARSIPAN SURAT MASUK DAN SURAT KELUAR BERBASIS WEB,” jurnal matriks, vol. 19, no. 2, Art. no. 2, Agu 2017.

Al-Bahra bin Ladjamudin, Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2005.

Nugroho, Rekayasa Perangkat Lunak Berbasis Objek dengan Metode USDP. Yogyakarta: Indrajani, 2010.

“Hasil Pencarian - KBBI Daring.” https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/alumni (diakses Sep 26, 2021).

A. Ariansyah, F. Fajriyah, dan F. S. Prasetyo, “Rancang Bangun Sistem Informasi Pendataan Alumni Pada STIE Prabumulih Berbasis Website Dengan Menggunakan Bootstrap,” Jurnal Mantik Penusa, vol. 1, no. 2, Art. no. 2, Des 2017, Diakses: Sep 26, 2021. [Daring]. Tersedia pada: http://e-jurnal.pelitanusantara.ac.id/index.php/mantik/article/view/261

Borg, Walter R. And Gall, Meredith D., Educational Research, An Introduction. Newyork and London: Longman Inc, 1983.

Ersandi Billah, “Pengertian dan Tahap Metode SDLC Waterfall,” 2019. [Daring]. Tersedia pada: https://medium.com/@ersandibillah03/sdlc-waterfall-3a3c893be77b

Prabowo Pudjo Widodo, Herlawati, Menggunakan UML (Unified Modeling Language). Bandung: Informatika, 2011.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2010.

Sukmadinata, N. S., Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya, 2010.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.