Pengembangan Buku Digital Berbasis Multimedia pada Mata Pelajaran Matematika

Hardiana Hardiana, Akramunnisa Akramunnisa, Julia Bahris Lenda

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu menghasilkan sebuah bahan ajar baru  yaitu sebuah   Buku Digitasl Berbasis Multimedia di SDN 7 Ponjalae kota Palopo. Jenis penelitian ini yaitu menggunakan  jenis penelitian Research And Development (R&D) sedangkan tahapan penelitian menggunakan pendekatan Waterfall dengan beberapa tahapan dimulai dari observasi, pengumpulan data, Analisis dan perancangan, pembuatan sistem, implementasi. Perancangan sistem menggunakan metode Unifield Modelling Language  (UML)  versi 3.1.9. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan studi pustaka juga menggunakan  storyboard untuk memberikan gambaran  alur pembutan  buku digital yang akan dibangun dan akan dijadikan  acuan bagi programmer dalam membuat aplikasi. Pengembagan buku digital ini menggunakan aplikasi flipbook .Software Buku Digital Berbasis Multimedia ini telah diuji menggunakan pengujian blackbox dan hasil pengujian disimpulkan bahwa semua tampilan halaman dan hyperlink telah menampilkan dan berfungsi dengan baik.


Full Text:

PDF

References


Agus Kusnayat, Agus Sofwan (2009). ”Komputer dan Internet: Media Percepatan Penguasaan Materi Perkuliahan”. Vocational Education In IT Polytechnic To Meet The Industrial Requirement With Campus. Bandung. https://ejurnal.umri.ac.id. Diakses pada 4 Maret 2021

David G. Vaughan (2011) dalam http://p2k.unhamzah.ac.id/. Diakses pada 6 Maret 2021

Hamalik, O. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Hariman, A.S., (2002), “Visual Modelling menggunakan UML dan Rational Rose”, Penerbit Informatika Bandung. https://www.academia.edu/. Diakses Pada 5 Maret 2021

Heinich, R., Molenda, M., Russel, J.D., et al. (2002). Instructional media and technologies for learning (7th Edition). New Jersey: Prentice https://www.scirp.org/. Diakses pada 6 Maret 2021

Henderi, (2007). Advanced Modeling with Unified Modeling Language (UML), STMIK Raharja, Tangerang. https://www.academia.edu/. Diakses pada 10 Maret 2021

Henderi, (2008). Analysis and Design System with Unified Modeling Language (UML), STMIK Raharja, Tangerang. https://www.researchgate.net/. Diakses pada 12 Maret 2021

Ivers, K. S. & Ann E. B. (2002). Multimedia projects in education: designing, producing, and assessing. Second Edition. California: LIBRARIES UNLIMITED Teacher Ideas Press. https://www.academia.edu/. Diakses pada 12 Maret 2021

Mustaqbal, M. S., Firdaus, R. F., & Rahmadi, H. 2016. Pengujian Aplikasi Menggunakan Black Box Testing Boundary Value Analysis. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan, 1(3). http://jitter.widyatama.ac.id. Diakses pada 20 Maret 2021

Nurseto T (2011). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan. Vol. 8(1):19-35. https://journal.uny.ac.id/. Diakses pada 13 Maret 2021

Priyanto, Sigit. (2010). Sumber Belajar dan Bahan Ajar. Remaja Posda Bandung. http://lpp.uad.ac .id. Diakses pada 13 Maret 2021

Rizki, Soetam., 2011. Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak. Jakarta. Prestasi Pustakaraya. http://repository/machung.ac.id. Diakses pada 21 Maret 2021

Taufiq (2013). Sistem Informasi Manajemen Konsep Dasar, Analisis dan Metode Pengembangan. Graha Ilmu, Yogyakarta. https://docplayer.info/. Diakses pada 18 Maret 2021

Vaughan, T. (2011). Multimedia: making it work (8th Edition). New York: McGraw-Hill. https://www.academia.edu/. Diakses pada 19 Maret 2021


Refbacks

  • There are currently no refbacks.