Pengembangan Multimedia Face Identification Menggunakan Metode Viola Jones Code Matlab

Siaulhak Siaulhak, Fitrah Eka Susilawati, Alfian Makmur

Abstract


Sistem pendeteksian objek ini bisa diaplikasikan pada sebuah benda atau pada anggota tubuh manusia. Teknologi biometrik merupakan teknologi yang memanfaatkan anggota tubuh manusia sebagai objek pendeteksian. Teknologi inilah yang dipakai sebagai dasar sistem pendeteksi pada anggota tubuh manusia. Dalam bidang medis sudah diketahui bahwa beberapa anggota tubuh manusia bersifat unik atau berbeda dengan manusia lainnya. Salah satu bagian tubuh tersebut adalah wajah. Perbedaan wajah manusia disebabkan karena perubahan atau perbedaan ekspresi wajah seperti : tertawa, senyum, marah, sedih, dan lain-lain. Memakai algoritma Viola-Jones mempunyai tingkat keakuratan yang cukup tinggi. Adapun wajah yang dideteksi adalah posisi tegak lurus. Wajah yang dideteksi hanya meliputi mata, hidung, mulut, pipi, (tidak termasuk rambut dan telinga). Waktu dan tempat penelitian ini dilakukan di kampus Universitas Cokroaminoto Palopo dari bulan Juni-Agustus 2019, dengan mengambil data file citra berwarna (RGB) dengan ekstensi JPG / JPEG / PNG yang telah dikumpulkan dari Kelas Multimedia Pengelolaan Citra Digital. Pada penelitian ini dipakai 20 citra uji untuk pendeteksian target wajah dengan Algoritma Viola- Jones, Dan Menghasilkan Ekstraksi Ciri Yang Berbeda-Beda. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini ialah model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model RnD Research and Development (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) Penelitian dan pengembangan merupakan suatu proses atau langkah-langkah untuk mengembangkan suatu produk baru atau menyempurnakan produk yang telah ada dan dapat dipertanggung jawabkan Adapun Tujuan Dari Pengembangan Multimedia Face Identification Menggunakan Metode Viola Jones Code Matlab ini yaitu untuk memudahakan kita mendeteksi suatu objek pada wajah dari segi ukuran, bentuk dan jaraknya dan membedahkan wajah dari non-wajah (deteksi adalah langkah pertama dalam proses pengenalan).

Full Text:

Untitled

References


A. Pamungkas, “Ekstraksi Ciri Wajah Menggunakan Algoritma Viola-Jones”, Semarang, 2018.

M. Arihutomo, “Rancang Bangun Sistem Penjejakan Objek Menggunakan Metode Viola Jones Untuk Aplikasi Eyebot”, jurusan telekomunikasi PENS-ITS Surabaya, 2010.

M. Kirby and L. Sirovich, “Application of the Karhunen-Loeve Procedure for the Characterization of Human Face”, IEEE PAMI, vol. 12, 1990.

S. P. Lestari, “Implementasi Pengenalan Wajah Manusia Menggunakan Principal Component Analysis (PCA)”, STMIK Budidarma Medan, 2014.

S. Nugroho, “Sistem Pendeteksi Wajah Manusia pada Citra Digital, Program Studi Ilmu Komputer”, Universitas Gadjah Mada, 2004

N. Rahmantha, “Penerapan Algoritma Viola-Jones dan Eigenface pada Sistem Pengenalan Wajah”, Universitas Gadjah Mada, 2014

Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R n D. Bandung: Alfabeta, 2012.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.