Perancangan Dan Pembuatan Aplikasi Simulasi Toefl Berbasis Desktop

R Nasser, P Saldriani

Abstract


TOEFL adalah suatu tes yang digunakan untuk mengukur kemampuan berbahasa Inggris bagi orang yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa keduanya (nonnative). Kemampuan yang diukur yaitu listening, structure, dan reading comprehension. TOEFL merupakan tolak ukur kemampuan seseorang dalam berbahasa Inggris. TOEFL digunakan untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi di luar negeri maupun sebagai salah satu syarat kelengkapan melamar kerja. Dengan berkembangnya teknologi smartphone dan system operasi Android, beserta kebutuhan untuk sering berlatih tes TOEFL, maka salah satu solusi yang dapat diberikan untuk mengatasi masalah yang ada adalah dengan menggunakan aplikasi Android. Hal tersebut didukung dengan pengguna smartphone di Indonesia saat ini bertumbuh dengan dengan pesat. Lembaga riset digital marketing Emarketer pada 2018 jumlah pengguna aktif smartphone di Indonesia lebih dari 100 juta orang (total 250 juta). Selain itu smartphone berbasis Android masih mendominasi pasar dibandingkan dengan sistem operasi smartphone lainnya. Aplikasi simulasi TOEFL sebagai salah satu solusi yang memberikan alternatif pembelajaran dan membantu penggunanya mengenal jenis-jenis soal TOEFL serta memberikan simulasi seperti ujian sebenarnya dengan media teknologi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Develop (R&D), metode penelitian ini dipilih karena sesuai dengan tujuan penelitian yang ingin dicapai yakni menghasilkan suatu produk berupa Perancangan aplikasi simulasi TOEFL berbasis desktop. Jenis penelitian dan pengembangan merupakan pendekatan penelitian untuk menghasilkan produk baru atau menyempurnakan produk yang telah ada. Produk yang dihasilkan bisa berbentuk software, ataupun hardware seperti buku, modul, paket, program pembelajaran ataupun alat bantu belajar. Keseluruhan sistem yang diuji menyatakan hasil uji valid, sehingga sistem layak untuk digunakan.

Full Text:

Untitled

References


Kementerian Pendidikan Nasional, Apa Dan Bagaimana Pembinaan Kursus Dan Kelembagaan, Jakarta: Ditjen Pendidikan Formal Dan Informal, 2010.

M. Husni dan E. Susilowati, "Sistem E-Learning Dalam Pembelajaran Ibt Toefl (Internet Base Test Of English As A Foreign Language) Menggunakan Media Voip (Voice Over Internet Protocol", Jurnal Sosial Humaniora, vol. 4, no. 2, 2011.

G. S. Widodo, "Perancangan Latihan Toefl Menggunakan Framework Code Igniter Untuk English Course Centre Banjarnegara", Jurnal Ilmiah Universitas Dian Nuswantoro, vol. 1, 2013.

Dharmawati dan Mardiana, "Aplikasi Toep (Test Of English Proficiency) Berbasis Android Untuk Sertifikasi Dosen," Sinkron, Jurnal & Penelitian Teknik Informatika, vol. 2, no. 2, 2017.

D. Hutama dan Marginingsih, "Rancang Bangun Simulasi Toefl Berbasis Android Di Pt. Genta Smart Publisher)", pada Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Bisnis (Senatib), 2017.

D. Nurlaelasari , S. D. Budiwati dan Yuningsih, "Aplikasi Simulasi Dan Pembelajaran Toefl Berbasis Android," pada DE-Proceeding Of Applied Science , 2016.

R. F. Kemala, I. F. Astuti and S. Maharani, "Penerapan Metode Fuzzy C-Means Pada Aplikasi Simulasi Toefl (Test Of English As A Foreign Language) Berbasis Web (Studi Kasus: Fakultas Mipa Universitas Mulawarman)," Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer ,vol. 14, no. 1 , 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.