Perancangan Cloud Storage Menggunakan Owncloud pada Fakultas Teknik Universitas Andi Djemma

D Dasril, A S Laswi

Abstract


Dunia teknologi informasi sekarang ini telah berkembang pesat, baik di Indonesia maupun di dunia global. Hampir setiap lembaga pendidikan menggunakan teknologi informasi yang cukup kompleks, seperti menggunakan beberapa server dan berbagai alat jaringan serta komputer dengan spesifikasi hardware yang cukup tinggi, yang ditujukan untuk menjamin kestabilan dan performance sistem yang handal. Universitas Andi Djemma Palopo sudah menerapkan teknologi untuk melakukan manajemen file yaitu menggunakan file sharing di windows, sistem tersebut kurang efektif karena sering terjadi kerusakan data akibat file terkena virus dan hardware crash. Dengan teknologi yang ada saat ini mampu menghadirkan sebuah teknologi penyimpanan komputasi awan yang dikenal dengan cloud storage. Cloud storage sebagai model komputasi awan yang memberikan layanan untuk manajemen berkas atau file berdasarkan user di dalam jaringan computer local yang ada di fakultas teknik. Owncloud merupakan salah satu aplikasi cloud server yang sangat cocok untuk menjalankan layanan cloud storage Owncloud dapat melakukan sharing file ke sesama pengguna dan sharing melalui sebuah link melalui web. Untuk menjalankan cloud storage, user dapat mengakses alamat server dengan perantara web browser. Cloud storage menggunakan Owncloud ini dikonfigurasi pada router menggunakan IP Public dari provider IndiHome sehingga server storage dapat diakses di jaringan public seperti internet nantinya.

Full Text:

PDF

References


D. S. Afrianto, The Power of Owncloud Membangun dan Mengelola Sendiri Teknologi Cloud Di Lingkungan Anda, Yogyakarta: ANDI, 2017.

Wahana Komputer, Kupas Tuntas Bermacam Aplikasi Generasi Cloud Computing, Yogyakarta: ANDI, 2011.

Kurniawan, Hanafi, Bulan, dan Firmansyah, “Desain Dan Implementasi Cloud Storage Berbasis Web Pada Rt/Rw Net Maju Jaya” pada Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia, 2016.

Lumena, Anton, dan Nainggolan, “Analisa Dan Perancangan Jaringan Private Cloud Computing Berbasis Web Eyeos” Jurnal Techno Nusa Mandiri, vol. XIII, no. 1, 2016

Nugraha, Mogi, dan Setiawan, “Implementasi Private Cloud Computing Sebagai Layanan IaaS Menggunakan Openstack”, Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, vol. 8, no. 2, 2015.

O. W. Purbo, Membuat Sendiri Cloud Computing Server Menggunakan Open Source, Yogyakarta: ANDI, 2012.

I. P. A. E. Pratama, Smart City Beserta Cloud Computing Dan Teknologi-Teknologi Pendukung, Bandung: Informatika, 2014.

Ramadhan, Andrian, dan Siradj, “Perancangan Dan Implementasi Aplikasi Family Box (Fambox) Menggunakan Cloud Storage” pada E-Proceeding of Applied Science, 2015, vol. 1, no.2.

Spoorthy, Mamatha, and Kumar, “A Survey on Data Storage and Security in Cloud Computing”, in IJCSMS, 2014, vol. 3, no. 6

Tutang, Sistem Operasi Cloud Computing Dengan Windows Azure, Yogyakarta: ANDI, 2014


Refbacks

  • There are currently no refbacks.