Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik SMK Negeri 4 Palopo pada Pelajaran Sistem Komputer
Abstract
Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif diperoleh nila rata-rata peserta didik sebelum diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah sebesar 30,50 dan nilai rata-rata setelah diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah sebesar 78,38. Data nilai rapor menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik masih banyak yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). KKM pada mata pelajaran Sistem komputer adalah 75. Terdapat 19 dari 72 peserta didik di kelas X TKJ 1 dan 2 yang sudah mencapai KKM. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif peserta didik masih rendah. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar peserta didik setelah penerapan model pemebelajaran berbasis masalah.
Full Text:
UntitledReferences
A. Darmawati, “Analisis Motivasi Dan Pengaturan Diri untuk Belajar Mahapeserta didik Jurusan Manajemen Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta”, Universitas Negeri Yogyakarta, 2009.
Sugiyanto, Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Mata Padi Presindo, 2009.
M. Danial, ”Pengaruh Strategi Pembelajaran PBL dan GI terhadap Metakognisi dan Penguasaan Konsep Kimia Dasar Mahapeserta didik Jurusan Biologi FMIPA UNM”, Universitas Negeri Malang, 2010.
I. W. Karmana, “Pengaruh Strategi PBL dan Integrasinya dengan STAD terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah, Kemampuan Berpikir Kritis, Kesadaran Metakognitif dan Hasil Belajar Kognitif Biologi pada Peserta didik SMA Negeri 4 Mataram”, Universitas Negeri Malang, 2010.
W. Sanjaya, W, Startegi Pembelajaran Standar Berorientasi Standar Proses. Jakarta: Kencana Predana Media Group, 2008.
R. E. Slavin, Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Terjemahan Oleh Narulta Yusron, Bandung: Nusa Media, 2010.
A. Rehman and K. Haider, “The impact of motivation on learning of secondary school students in Karachi: An analytical study”. Educational Research International", vol. 2, no. 2, pp. 139-147, 2013.
Refbacks
- There are currently no refbacks.