Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Matriks bagi Peserta Didik Kelas XII IPA Menggunakan Metode Penemuan Terbimbing pada SMA PPM Rahmatul Asri Kabupaten Enrekang

M. Siing

Abstract


Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan selama dua siklus, yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi matriks menggunakan metode penemuan terbimbing. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XII IPA SMA PPM Rahmatul Asri sebanyak 29 siswa terdiri jumlah 12 laki – laki dan 17 perempuan pada semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016-2017.
Pengambilan data dilakukan melalui pengamatan menggunakan lembar observasi dan data hasil belajar diperoleh dengan memberikan tes akhir setiap akhir siklus. Data hasil belajar diperoleh dari hasil siklus I dan hasil siklus II. Nilai rata-rata hasil siklus I adalah 67,39, hasil siklus II 75,62 sehingga ada peningkatan sebesar 8,23 atau sekitar 12,21%. Hal ini menunjukkan bahwa dengan metode penemuan terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar. Sedangkan data keaktifan siswa mengalami peningkatan yang cukup signifikan dilihat dari keaktifan mengikuti pembelajaran, menjawab pertanyaan awal, mengajukan pertanyaan selama proses pembelajaran, perhatian terhadap materi pelajaran dan keaktifan dalam kerja kelompok. Jadi pembelajaran Matematika materi matriks menggunakan metode penemuan terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil analisis dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan metode penemuan terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi matriks bagi peserta didik kelas XII IPA SMA PPM Rahmatul Asri Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016-2017

Full Text:

DOWNLOAD PDF

References


Erman Suherman. Dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung : JICA.

Estina Ekawati (2011). http://p4tkmatematika.org/2011/10/peran-fungsi-tujuan-dan-karakteristik-matematika-sekolah/ diakses tanggal 12 oktober 2016 pukul 05.45

Herman Hudoyo. (1990). Strategi Mengajar Belajar Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang.

Muchtar, (2014). Meningkatkan kualitas pembelajaran matematika dengan menggunakan metode penemuan terbimbing pada peserta didik kelas XII IPA SMA Negeri 1 Maiwa Kabupaten Enrekang. Laporan PTK tidak diterbitkan.

Muhammad Yusuf (2010). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Lembar kerja siswa (LKS) Interaktif Berbasis Komputer di SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika Volume 4. No. 2 Desember 2010. Di Akses tanggal 07 Oktober 2016 jam 11.10

Noormandiri, B. K. (2004). Matematika SMA Jilid 3A Program Ilmu IPA, Jakarta : PT Erlangga

Oemar Hamalik, dkk. (1982). Metode Belajar dan Kesulitan-Kesulitan Belajar. Bandung : Tarsito.

Pujiati Sari, dkk (2014). Penerapan Metode Penemuan Terbimbing Berbantuan Alat Peraga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII pada Materi Luas Permukaan dan Volume Limas di SMP Negeri 9 Palu. Aksioma Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 03 Nomor 02, September 2014. Di Akses tanggal 07 Oktober 2016 jam 10.55

Ruseffendi, E,T. (1988). pengantar Kepada membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam pengajaran Matematika untuk Meniingkatkan CBSA. Tarsito: Bandung.

Sri Purwatiningsi (2013). Penerapan Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Luas Permukaan dan Volume Balok. Jurnal elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, Volume 01 Nomor 01 September 2013. Di akses tanggal 07 Oktober 2016 jam 11.45


Refbacks

  • There are currently no refbacks.