PRA-ALJABAR: LANGKAH BARU MENGAJAR ALJABAR AWAL (Penerapan Didactical Design Research)

Lia Ardiansari

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Ketika belajar matematika SD, matematika masih berorientasi pada perhitungan (aritmatika). Simbol-simbol yang digunakan dalam aritmatika adalah angka-angka yang dengan langsung dapat dibayangkan seberapa besarnya, atau paling tidak siswa dapat mengenalinya sebagai suatu bilangan tertentu. Ketika belajar aljabar, siswa mulai mengalami perubahan yang signifikan dalam proses berpikir yaitu dari berpikir aritmatik menjadi berpikir aljabar (abstrak). Bagi kebanyakan guru, mengajar aljabar dengan cara biasa adalah mudah. Diberikan contoh suatu bentuk aljabar, definisi, kemudian memperkenalkan unsur-unsurnya. Baik contoh maupun langkah-langkah mengajar yang dilakukan sama dengan yang terdapat dalam buku paket matematika yang digunakan dalam proses belajar-mengajar matematika di kelas.

Full Text:

Tidak berjudul

References


Kieran, C. (2004). Algebraic Thinking in Early Grades: What Is It?. The Mathematics Educator 2004, Vol.8, No.1, 139 – 151.

Lincoln, Y. S., dan Guba E. G. (1985). Naturalistic Inquiry. California: Sage Publications, Inc.

Malara N.A. dan Navarra G. (2002). ArAl: a Project for an Early Approach to Algebraic Thinking. GREM, Department of Mathematics, University of Modena-Reggio E.,Italy.

Minnick, J. H., dan Strauss, R. C. (1969). Beginning Algebra. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Moleong, L. J. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif: EdisiRevisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Pinter, Charles C.1982. A Book Of Abstract Algebra. Amerika: McGraw-Hill, Inc.

Radford, L. (2012). Early Algebraic Thinking Epistemological, Semiotic, And Developmental Issues. 12th International Congress on Mathematical Education Program COEX, Seoul, Korea.

Suryadi, D. (2008). Metapedadidaktik dalam Pembelajaran Matematika: Suatu Strategi Pengembangan Diri Menuju Guru Matematika Profesional. Pidato Guru Besar Universitas Pendidikan Indonesia.

Suryadi, D. (2011). Kesetaraan Dedactical Design Research (DDR) dengan Matematika Realistik dalam Pengembangan Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNS.

Suryadi, D. (2013). Didactical Design Research (DDR) dalam Pengembangan Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika.

Wahyudin, (2013). Matematika Dasar/ Pengetahuan Bermuatan Pedagogis/ Gagasan-gagasan yang Kuat untuk Para Guru. Bandung : Mandiri Bandung.

Wooton, W. & Drooyan, I. (1968). Intermediate Algebra: Second Alternate Edition. California: Wadsworth Publishing Company, Inc.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.