PERANCANGAN MODEL BELAJAR PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP BERBASIS ONLINE UNTUK SEKOLAH PENDIDIKAN MENENGAH ATAS

Asri Asri

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah membangun Model Pembelajaran PLH berbasis website untuk Sekolah Tingkat Atas digunakan oleh guru dalam menyampikan pembelajaran pengelolaan lingkungan hidup secara valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini, penelitian pengembangan (developmental research), dimana dalam penelitian ini menghasilkan produk ajar, dan Model Pembelajaran pengelolaan lingkungan hidup diberi nama Model PLH berbasis website yang akan menghasilkan tiga komponen produk, yaitu: perangkat pembelajaran, instrument, dan program website (www. asri-uncp.com) yang digunaan untuk mengukur tingakat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan model. Uji Coba I Model PLH sudah memenuhi kriteria praktis, walaupun hasil penilaian pengamat masih ada beberapa komponen yang perlu ditingkatkan. Efektif, Model PLH belum efektif dinilai dari hasil kegiatan aktivitas siswa, dimana aktivitas siswa belum tercapai secara keseluruhan dari delapan aktivitas siswa yang dinilai. Walaupun respon siswa terhadap pembelajaran sudah pada kategori positif, dan kemampuan guru dalam mengelolah pembelajaran juga sudah berada pada kategori tinggi. Hasil Uji Coba II Model PLH sudah praktis, berdasarkan penilaian seluruh aspek komponen model, yaitu sudah terlaksana dengan baik sesuai apa yang diharapkan. Efektif, Model PLH sudah efektif, karena ketuntasan kegiatan aktivitas siswa sudah sesuai yang diharapkan, kemampuan guru dalam mengelolah pembelajaran dalam kategori tinggi, dan respon siswa terhadap pembelajaran sudah ketegori positif. Rancangan pengembangan Model PLH terpenuhi kevalidan dari seluruh aspek yang dinilai dinyatakan valid, Model PLH praktis digunakan pada Sekolah Tingkat Atas, berdasarkan hasil Uji Coba I dan Uji Coba II menurut penilaian dari pengamat. Model PLH efektif telah terpenuhi ketuntasan hasil belajar, dan kemampuan guru mengelolah pemebelajaran.

Full Text:

Tidak berjudul

References


Borich, G. D. 1994. Observation Skills for Effective Teaching, Second Edition, New York: Macmillan Publishing Company

Darmawan, Deni. 2011. Teknologi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Persada

Eggen, Paul D & Donk Kauchak. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Terjemahan oleh: Satrio Wahono.Jakarta: PT. Indeks

Grinnell, Richard M. 1988. Sociasl Research and Evaluation. F.E. Peacock Publishing, Inc., Itasca, Illinois.

Heather, 2010. Characteristics of effective and Sustainable teaching Development Programmes for Quality Teaching in Higher Education. Jaournal Of Education Management and Policy, 22 (2); http://www.canberra.edu.au/item/servicedesk

Joyce, Burce & MarshaWell & Emily Calhoun. 2004 Models of Teaching. Boston New York: Pearson Education, Inc

Pretorius, 2012. The Implication Of Teacher Effectiveness Requirements for initial Teacher Education Reform. Journal Of Social Science, 8 (3), 310 – 317; http://www.canberra.edu.au/item/servicedesk

Rachmad K, 2009. Sosiologi Lingkungan. Jakarta: PT RajaGrafindo

Sharon E. Smaldino, Deborah L. Lother, & James D.Russel, (2011). Instructional Technology & Media For Learning, New Jersey, Pearson Education, Inc. 110 hlm


Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Article Metrics

Abstract view : 12 times
Tidak berjudul - 25 times