ANALISIS KARAKTERISTIK BUTIR TES MATEMATIKA PADA TES BUATAN MGMP MATEMATIKA KOTA MAKASSAR BERDASARKAN TEORI MODEREN (TEORI RESPON BUTIR)

Syamsir Sainuddin

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui kualitas karakteristik Butir Tes Matematika pada Tes Buatan MGMP Kota Makassar Didasarkan pada Teori Respons Butir. Penelitian ini adalah penelitian eks post facto. Subjek penelitian adalah peserta didik SMP se-Kota Makassar yang mengikuti tes Matematika Tahun Pelajaran 2013/2014. Objek yang dipilih adalah butir soal matematika objektif pilihan ganda buatan MGMP Kota Makassar yang terdiri atas 5 Paket soal dengan jumlah butir sebanyak 40 item untuk masing-masing paket. metode yang dipergunakan dalam mengumpulkan data adalah metode dokumentasi, dengan mengumpulkan respon siswa pada soal try out UN matematika buatan MGMP Kota Makassar, yang kemudian dianalisis secara kuantitatif berdasarkan teori moderen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada analisis dengan teori modern, rata-rata soal matematika buatan MGMP kota Makassar untuk semua paket yang sesuai model ada sebesar 76% untuk 1 parameter, 67% untuk 2 parameter ,dan 73% untuk 3 parameter, fungsi informasi yang pada umumnya di bawah 50% mengindikasikan bahwa secara keseluruhan keandalan dari semua paket soal masih tergolong kurang andal, umumnya paket soal yang diujikan pada try out UN Matematika oleh MGMP Kota Makassar, memiliki indeks kesukaran dengan kategori kurang baik, daya pembeda kurang baik, namun indeks tebakan semu masih dalam kategori baik. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa, kualitas karakteristik butir soal try out UN matematika buatan MGMP Kota Makassar ditinjau dari teori modern (teori respon butir) umumnya berada pada kategori kurang baik dengan persentase sebesar 48%.

Full Text:

Tidak berjudul

References


Allen, M. J. & Yen, W. M. (1979). Introduction to measurement theory. Onterey, CA: Brooks/Cole Publishing Company.

Anang. 2014.Kisi-Kisi Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2012/2013. http://pak-anang.blogspot.com/2013/12/kisi-kisi-skl-un-2014.html. di download pada hari senin, 18 Februari 2014. Pkl 14.37 wita.

Anggreyani, Arie. (2009). Penerapan Teori Uji Klasik dan Teori Respon Butir dalam Mengevaluasi Butir Soal. Bogor: Departemen Statistika FMIPA IPB.

Arjuna. (2013). Analisis Kualitas Soal Ujian Sekolah/Madrasah Mata Pelajaran Matematika Kabupaten Soppeng Berdasarkan Teori Klasik. Makassar: PPs UNM

Crocker, Linda. & Algina (2008). Introduction to Classic and Modern Test Theory. USA: Cengage Learning.

Hambleton, R.K., Swaminathan, H & Rogers, H.J. (1991). Fundamental of item response theory. Newbury Park, CA: Sage Publication Inc.

Hidayati, Kana. (2002). Keakuratan Hasil Analisis Butir Menurut Teori Tes Klasik dan Teori Respons Butir Ditinjau dari Ukuran Sampel. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY.

Isfaruddin. (2010). Analisis Butir pada Tes Objektif Ujian Akhir Semester Mahasiswa di Pendidikan Tinggi Jarak jauh Berdasarkan Teori Tes Klasik dan Teori Tes Modern. Jakarta: Jurusan Statistika: FMIPA UT.

Kusaeri. (2012). Pengukuran dan Penilaian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Mardapi, Djemari. (2012). Pengukuran Penilaian & Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Nuha Litera.

Mehrens, W.A. & Lehmann, I.J. (1973). Measurement and evaluation in education and psychology. New York: Hold, Rinehart and Wiston,Inc.

Naga, Dali S (2003). Teori Pengukuran Psikometrika Teori Tes Metoda Survei dan Pengukuran. Yogyakarta. UNY.

Naga, Dali S. (1992). Pengantar Teori Sekor pada Pengukuran Pendidikan. Jakarta: Besbats.

Nurung. (2008). Kualitas Tes Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) IPA SD Tahun Pelajaran 2007/2008 di Kota Kendari. Yogyakarta: PPs UNY.

Retnawati, Heri. 2014. Pengembangan Bank Soal Matematika. Yogyakarta: Jurdik Matematika FMIPA UNY diakses pada http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/132255129/Bank%20soal 1.pdf.

Van der Linden, W.J. dan Hambleton, R.K. (1997) Handbook of item response theory. New York: Springer.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Article Metrics

Abstract view : 51 times
Tidak berjudul - 116 times