PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN PENDEKATAN REALISTIK TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Misnawati Misnawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan realistik terhadap hasil belajar dan motivasi siswa. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimen. Desain penelitian ini adalah One group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di Kecamatan Latimojong dan sampel ditentukan dengan menggunakan random sampling. Teknik analisi data yang digunakan adalah analisis deskriftif dan inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan realistik terhadap hasil belajar matematika dan motivasi. Proses pembelajaran memperlihatkan aktivitas siswa yang meningkat khususnya dalam mengerjakan soal LKS. Aktivitas guru dalam memfasilitasi proses pembelajaran juga merupakan salah satu factor untuk meningkakan motivasi dan hasil belajar siswa.

Full Text:

DOWNLOAD PDF

References


Ace, Suryadi. 2005. Pendidikan, Investasi SDM dan Pembangunan. Jakarta : Balai Pustaka.

Fika. 2012. Pembelajaran Matematika Realistik. (Online). http://cahbaguz-uhuy. blogspot.com/2013/02/pembelajaran-matematika-realistik.html. (diakses 25 juli 2017).

Firmansyah, D. 2015. Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan UNSIKA. (Online), 3(1): 34-44. https://journal.unsika.ac.id/index.php/judika/article/view/199. Diakses pada 03 Januari 2018.

Isjoni. 2014. Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta

Kurniasih & Berlin. 2016. Model Pembelajaran. Cetakan ketiga. Bandung: Katapena

Pujiyati, Sri (2015). Pengaruh Model pembelajaran Kooperatif tipe STAD dan Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar Matematika siswa kelas VI SD. (Online. Id.portalgaruda, org,./?ref=browse&mod=viewarticle&article. Jurnal. 351970)

Slavin, Robert E. (2016). Cooperative Learning. Terjemahan oleh Narulita Yusron. Bandung: Nusamedia

Sugiyono, 2005, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.