PENGARUH KEMAMPUAN AWAL, KEPERCAYAAN DIRI, MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP

Iqlima Salahuddin

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan metode survei korelasional yang bertujuan untuk mengetahui: (1) deskripsi kemampuan awal matematika siswa, (2) deskripsi kepercayaan diri siswa, (3) deskripsi motivasi belajar siswa, (4) deskripsi kemampuan komunikasi matematis, (5) pengaruh langsung antara kemampuan awal, kepercayaan diri, dan motivasi belajar terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, (6) pengaruh tidak langsung antara kemampuan awal, kepercayaan diri, dan motivasi belajar terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VIII SMP Negeri di kota Palopo. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP di kota Palopo. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 80 siswa. Instrumen yang digunakan adalah soal kemampuan awal, angket kepercayaan diri, angket motivasi, dan soal kemampuan komunikasi matematis siswa yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh langsung yang signifikan antara kepercayaan diri siswa terhadap kemampuan awal siswa, (2) terdapat pengaruh langsung yang signifikan antara motivasi belajar siswa terhadap kemampuan awal siswa, (3) Tidak terdapat pengaruh langsung antara kepercayaan diri siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, (4) tidak terdapat pengaruh langsung antara motivasi belajar siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, (5) terdapat pengaruh langsung yang signifikan antara kemampuan awal siswa siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, (6) terdapat pengaruh tidak langsung yang signifikan antara kepercayaan diri siswa melalui kemampuan awal siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, dan (7) Terdapat pengaruh tidak langsung yang signifikan antara motivasi belajar siswa melalui kemampuan awal siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.

Full Text:

DOWNLOAD PDF

References


Firmansyah, M. A. (2017). Peran Kemampuan Awal Matematika dan Belief Matematika Terhadap Hasil Belajar. Jurnal pendidikan matematika, 3(1).

Nurmantoro, M. A. (2017). Pengaruh Kemampuan Awal, Kecerdasan Emosi, dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jakarta: Program Studi Pendidikan Matematika dan IPA, Fakultas Pascasarjana Universitas Indraprasta PGRI.

Qohar, A. (2011). Pengembangan Instrumen Komunikasi Matematis untuk Siswa SMP. Seminar Nasional Pendidikan Matematika LSM XIX. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Ramellan, P. (2012). Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Pembelajaran Interaktif. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1).

Suparman. (2010). Gaya Mengajar yang Menyenangkan. Yogyakarta: Pinus Book Publisher.

Wicaksono, D. (2009). Pengaruh Kepercayaan Diri, Motivasi Belajar Sebagai Akibat dari Latihan Bola Voli Terhadap Prestasi Belajar Atlet di Sekolah. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Article Metrics

Abstract view : 64 times
DOWNLOAD PDF - 42 times