DESKRIPSI HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN SMK NEGERI 4 LUWU DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISON (STAD)

Susilawati Susilawati

Sari


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika khususnya materi peluang dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD). Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif. Pengambilan data dilaksanakan dengan observasi pada kegiatan pembelajaran matematika dan hasil observasi tersebut dituangkan dalam bentuk deskriptif. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas XII Teknik Komputer dan Jaringan pada SMK Negeri 4 Luwu, Kabupaten Luwu. Hasil pelaksanaan pembelajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa, hal ini dapat diketahui dari (1) skor rata-rata yang diperoleh siswa pada tes hasil beajar adalah 79,94 dari skol ideal 100 dengan standar deviasi 5,01; (2) penerapan model pembelajaran koopertif tipe STAD menjadikan siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran; (3) ketuntasan belajar siswa mencapai 88,24%; (4) respon siswa terhadap komponen pembelajaran seperti suasana pembelajaran, cara guru mengajar dan penampilan guru sebanyak 94,12% siswa menyatakan Senang dan 5,88% siswa menyatakan Tidak Senang, sementara tangggapan siswa tentang minat untuk mengikuti pembelajaran selanjutnya dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD sebanyak 88,24% menyatakan Berminat dan 11,76% siswa menyatakan Tidak Berminat.
Kata Kunci: kooperatif, STAD, hasil belajar.

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Arif Tiro, Muhammad. 2008. Dasar-dasar Statistika. Makassar. Andira Publisher.

Hudojo, Herman. 1988. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Depdikbud Dikti Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.

Isjoni. 2010. Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.

Uhbiyati, Uhbiyati. 2000. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Ratumanan, Nikson. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Surabaya: Unesa University Press

Sanjaya, Wina. 2005. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Slameto. 1990. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Slavin, Robert E. 2005. Cooperative Learning (terjemahan). Bandung: Nusa Media.

Soedjadi, R. 2001. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Prenada Media Group.

Sadiman, dkk. 2010. Media pendidikan (pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya). Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Article Metrics

Sari view : 4 times
Tidak berjudul - 5 times