PEMBUATAN MEDIA FILM DOKUMENTER KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN BERBICARA MAHASISWA COKROAMINOTO PALOPO

Abd. Rahim Ruspa, Nirwana Nirwana

Sari


Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Tujuan penelitian yang diharapkan dari penelitian ini adalah terciptanya media film dokumenter kontekstual yang dapat meningkatkan kemampuan berbicara mahasiswa. Target khusus penelitian ini adalah (1) mengembangkan dan mengimplementasikan media film dokumenter (2) meningkatkkan kemampuan berbicara mahasiswa. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan dengan dua tahap uji coba. Uji coba pertama dan uji coba kedua dalam untuk menerapkan media film documenter. Tahap pengumpulan data yaitu pemberian tes hasil belajar dan angket respons siswa. Data yang telah dikumpulkan dianalisis secar kualitatif, kuantitatif, analisis statistika deskriptif. Adapun hasil penelitian ini, yaitu tingkat pencapain kriteria ketuntasan mengajar pada uji coba pertama menunjukkan bahwa yang memperoleh nilai 75 ke atas yaitu sebanyak 25 orang mahasiswa dengan persentase 89,29%, sedangkan yang memperoleh nilai di bawah 75 hanya 3 orang mahasiswa dengan persentase 10,71%. Sesuai dengan pencapaian idikator keberhasilan bahwa penelitian ini dikatakan berhasil apabila terdapat minimal 85% yang memperoleh nilai 75 ke atas, maka dapat dikatakan berhasil. Pada uji coba kedua menunjukkan bahwa yang memperoleh nilai 75 ke atas yaitu sebanyak 34 orang mahasiswa dengan persentase 89,48%, sedangkan yang memperoleh nilai di bawah 75 hanya 3 orang mahasiswa dengan persentase 10,52%. Sesuai dengan pencapaian idikator keberhasilan bahwa penelitian ini dikatakan berhasil apabila terdapat minimal 85% yang memperoleh nilai 75 ke atas, maka dapat dikatakan berhasil. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan media film documenter kontekstual memberikan hal baik dalam pembelajaran berbicara pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, diharapkan dalam setiap pembelajaran yang dilakukan, khususnya pembelajaran berbicara, dapat menggunakan media film documenter kontekstual sebagai alternative dalam pembelajaran di sekolah.
Kata Kunci: Film dokumenter kontekstual, pembelajaran berbicara

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Article Metrics

Sari view : 31 times
Tidak berjudul - 50 times