VALUASI EKONOMI SUMBERDAYA RUMPUT LAUT DI KOTA PALOPO

Muhammad Arhan Rajab, Sumantri Sumantri

Sari


Rumput laut merupakan komoditas unggulan yang dominan dibudidayakan oleh masyarakat pesisir di Kota Palopo, Provinsi Sulawesi Selatan. Kegiatan Budidaya rumput laut menjadi mata pencaharian pokok masyarakat yang berada di wilayah pesisir Kota Palopo. Akan tetapi, pemanfaatan sumberdaya rumput laut belum maksimal dapat dilihat sejauh ini sumbangsih sumberdaya rumput laut hanya sebatas nilai produksi terhadap PAD Kota Palopo. Pendekatan yang dilakukan adalah penelitian survey. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan kuantitatif.. Adapun pengambilan sampel secara sengaja (purposive) dimana sampel responden merupakan petani rumput laut di Kota Palopo. Hasil penelitian diperoleh valuasi ekonomi sumberdaya rumput laut di Kota Palopo sebesar Rp. 6.980.509.000,- /Tahun. Tentu untuk mencapai nilai ekonomi yang optimal maka perlu tindakan pengelolaan yang berbasis pada ekologi (berbasis daya dukung) dan peran serta masyarakat sehingga dalam pengelolaan terkendali dan terencana.
Kata Kunci: Rumput Laut, Budidaya, Valuasi Ekonomi

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


. Barbier, Edward B. et al. 1997. Economic Valuation of Wetlands. Switzerland. Ramsar Convention Bureau.

. Dahuri R, Rais Y, Putra SG, Sitepu, M.J. 2001. Pengelolaan Sumber daya Wilayah Pesisir dan Lautan Secara Terpadu. Jakarta: PT. Pradnya Paramita.

. Dinas Perikanan dan Kelautan Kota Palopo. 2013. Potensi Rumput Laut Kota Palopo. Kota Palopo.

. Grigalunas, T.A and R. Congar. 1995. Environmental Economics for Integrated Coastal Area Management: Valuation Methods and Policy Instruments. UNEP Regional Seas Reports and Studies No. 164. UNEP.

. Kusumastanto. T. 2000. Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan. Program Studi Sumberdaya Pesisir dan Lautan. Program Pascasarjana. IPB. Bogor.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Article Metrics

Sari view : 90 times
Tidak berjudul - 101 times