PENGOLAHAN BUAH DENGEN SEBAGAI BAHAN DASAR PEMBUATAN SIRUP BUAH DENGEN

Sri Wahyuny Mustafa

Sari


Tujuan program KKN-PPM ini adalah memberikan value added bagi petani buah dengen sehingga mereka dapat mengolah buah dengen menjadi berbagai macam olahan makanan dan minuman. Target khusus dari program KKN-PPM ini adalah memberikan motivasi dan keterampilan para petani dalam pengolahan buah dengen menjadi sirup serta pengetahuan dalam pengemasan dan penjualan produk hasil olahan sehingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat setempat. Metode yang digunakan dalam program KKN-PPM ini yakni dengan melakukan penyuluhan sekaligus pelatihan kepada masyarakat setempat tentang pengolahan buah dengen menjadi sebuah produk yakni sirup dengen, serta memberikan pengetahuan tentang perhitungan harga pokok produk yang siap dijual. Rencana kegiatan program KKN-PPM ini adalah sosialisasi program KKN-PPM, melakukan kerjasama dengan dua mitra, penyiapan sarana dan prasarana yang mendukung pelaksanaan kegiatan, operasionalisasi yang merupakan tahap penentu keberhasilan dari program KKN-PPM, serta monitoring dan evaluasi program untuk menjamin keberlanjutan dan pengembangan dari program KKN-PPM ini. Hasil yang dicapai dalam kegiatan ini yakni (1) meningkatnya motivasi berwirausaha bagi mitra, (2) meningkatnya pengetahuan teknis petani terhadap pengelolaan buah dengan, (3) meningkatnya pengetahuan kelompok binaan tentang manajemen home industri, (4) meningkatnya jejaring pemasaran dan produksi sirup buah dengen dan meningkatnya nilai estetika brand/kemasan sirup buah dengen.
Keywords: Sirup Buah Dengen, KKN-PPM, Desa Atue

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Anonim, 2008. Sari Buah Jernih (Clear Fruit Juice). http://sudarmantosastro.wordpress.com/2008/03/30. di akses tanggal 30 Januari 2017

Anonim, 2009a. Dengen http://yufinats.wordpress.com/dengen/. Di akses tanggal 9 Mei 2016

Anonim, 2011a Buah Dengeng http://kidnesia.com/kidnesia/indonesiaku. Di akses tanggal 02 Februari 2017

Anonim, 2011b Kuliner (Pusat Dokumentasi dan Informasi Sorowako) http://welcometosorowako.wordpres.com. Di akses tanggal 9 Mei 2017

Anonim, 2011c Buah Dengeng http://kidnesia.com/kidnesia/indonesiaku [1 Mei 2011].

Anonim, 2011d. Detail data Dillenia Serrata Thunb. http://prohati-keanekaragamanhayatiindonesia/browser/php/htm. [9 Mei 2011].

Suharto, 1991. Teknologi Pengawetan Pangan. Jakarta: Rineka Cipta

Sultatry, Rubianty dan Berty Kaseger, 1995. Kimia Pangan. Kerjasama Perguruan Tinggi Negeri Indonesia Timur.

Suprapti, M. L., 1994. Produk Olahan Buah. Surabaya: Penerbit Karya Anda

Tranggono dan Sutardi. 1990. Biokimia dan Teknologi Pasca Panen. Pusat antar Universitas-Pangan dan Gizi. Universitas Gadjah Mada.

Winarno, F.G. dan S. Laksmi. (1984). Pigmen dalam Pengolahan Pangan, Dept. THP. Fatemeta IPB, Bogor.

Winarno, F.G., 1992. Pangan, Enzim dan Konsumen. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Winarno, F. G., 2004. Kimia Pangan dan Gizi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Article Metrics

Sari view : 2 times
Tidak berjudul - 16 times