STUDI BIDANG GELINCIR SEBAGAI LANGKAH AWAL MITIGASI BENCANA LONGSOR

Rahma Hi. Manrulu, Aryadi Nurfalaq

Sari


Telah dilakukan penelitian untuk mengidentifikasi bidang gelincir di Kelurahan Latuppa Kecamatan Mungkajang yang digunakan sebagai langkah awal mitigasi bencana longsor. Letak bidang gelincir diidentifikasi dengan menggunakan metode resistivitas. Dalam penelitian ini, pengukuran resistivitas bawah permukaan dilakukan menggunakan konfigurasi Wenner. Pengukuran dibagi ke dalam dua lintasan dengan panjang masing-masing bentangan 100 m dan 98 m. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa resistivitas bidang gelincir berada pada kisaran 765 Ωm – 7181 Ωm yang diduga berupa lapisan lempung, dan weathered bedrock (batuan lapuk) dengan kemiringan bidang gelincir 20o pada lintasan pertama dan 10o pada lintasan kedua.
Kata kunci: tahanan jenis, geolistrik, Wenner, bencana longsor, res2div

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Hakim, H. Manrulu, Hi. R. 2016., Aplikasi Konfigurasi Wenner dalam Menganalisis Jenis Material Bawah Permukaan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni. Vol. 5. No. 1. Hal 95-103.

Loke, M.H. 2004.Tutorial: 2D and 3D electric imaging surveys. Malaysia: Penang.

Nurfalaq, A., 2016. Manrulu, Hi. R., Inverstigasi Penyebaran Lapisan Pembawa Emas Menggunakan Metode Geolistrik Menggunakan Metode Geolistrik Resistivity Di Kelurahan Latuppa. Prosisding Seminar Nasional. Vol. 2 No. 1. Hal. 719-728.

Priyantari, N., dan Cahyo Wahyono,. 2005. Penentuan Bidang Gelincir Tanah Longsoran Berdasarkan Sifat Kelistrikan Bumi. Jurnal Ilmu Dasar, 6 (2). 137-141.

Sugito, Zaroh I., dan Indra P.J. 2010.Investigasi Bidang Gelincir Tanah Longsor Menggunakan Metode Geolistrik Tahanan Jenis di Desa Kebarongan Kec. Kemranjen Kab. Banyumas. Berkala Fisika. Vol. 13, No. 2, hal. 49-54.

Telford, W.M., Geldart, L.P., Sheriff, R.E. and Keys, D.A. 1990.Applied Geophysics, 2nd Edition. Cambridge University Press, Cambridge: London, New York, Melbourne.

Varnes, D.J. 1978. Slope Movement and Type and Proesses, Land slide and control Transportation Research Board Special Report 176. Washington D.C.: National Research Council.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.