UJI KETAHANAN AIR BIOPLASTIK DARI LIMBAH AMPAS SAGU DENGAN PENAMBAHAN VARIASI KONSENTRASI GELATIN

Ilmiati Illing, Satriawan MB

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketahanan air bioplastik dari limbah ampas sagu dengan penambahan variasi konsentrasi gelatin. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Sel dan Jaringan, Laboratorium Bahan Alam Fakultas Sains Universitas Cokroaminoto Palopo dan Laboratorium Forensik POLRI Cabang Makassar. Penelitian ini dimulai dengan mencampurkan hasil ekstraksi pati sagu kering sebanyak 10 gram, gliserol konsentrasi 5%, dan gelatin konsentrasi (0%, 5%, 10%, dan 15% w/v) dengan pelarut asam asetat glasial 2% (v/v) selanjutnya dilakukan pemanasan pada suhu 90oC dengan kecepatan 1500 rpm, kemudian dicetak di atas kaca ukuran 13x13 cm, kemudian dikeringkan selama 2 hari pada suhu ruang kemudian dilakukan pengujian ketahanan air. Hasil uji ketahanan air tertinggi pada konsentrasi gelatin 0% dengan penyerapan sebesar 44,3%, penyerapan air tertinggi dengan gelatin 10% sebesar 59% dari berat awal 0,105 gram.
Kata kunci: bioplastik, pati, gliserol, gelatin, ketahanan air

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Bergo, P,, and Sobral, P, J, A. 2006. Effect of Plasticizer of Phsycal Properties of Pigskin Gelatin Films, Vol 21: 1285-1289.

Darni, Y., Chici, A., Ismiyati, S. 2008. Sintesa Bioplastik dari Pati Pisang dan Gelatin dengan Plasticizer Gliserol. Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi-II. Lampung: UNILA.

Embuscado, M.E. 2009. Edible Films and Coatings for Food Applications. Springer. New York.

Febrianto, S.,R, Gita G., M., Hendra S Ginting, Rosdanelli H. 2014. Pengaruh Penambahan Gliserol Terhadap Sifat Kekuatan Tarik Dan Pemanjangan Saat Putus Bioplastik Dari Pati Umbi Talas. Jurnal Teknik Kimia USU, Vol. 3, No. 2.

Flack, M. 1983. FAO Production and Protection Paper. AGPC /MISC/PREPRINT. The Sago Palm, Domestication, Exploitation and Products. Food and Agriculture Organization of the Unieted Nation.

GMIA. 2012. Gelatin Handbook. Gelatin Manufacturers Institute of America, Inc., New York, NY.

Haryadi, 1992. Laporan Penelitian Mie Kering dari Berbagai Pati, TP -UGM, Yogyakarta.

Lazuardi, G. P, dan Cahyaningrum, S.E,. 2013 Pembuatan dan Karakterisasi Bioplastik Berbahan Dasar Kitosan dan Pati Singkong engan Plasticizer Gliserol. Universitas Negeri Surabaya, Jl. Ketintang, Surabaya.Vol 2 (3).

Nadiah, N. 2010. Biodegradable Biocomposite Starch Based Films Blended With Chitosan dan Gelatin. Thesis Faculty of Chemical and Natural Resources Engineering. Universiti Malaysia Pahang.

Park, H.J. , C.L. Weller, P.J. Vergano, dan R.F. Testin. 1996. Factor Affecting Barrier and Mechanical Properties of Protein Edible D egradable Film. New Orleans, LA.

Sanjaya, G. I. dan Puspita, T. 2010. Pengaruh Penambahan Khitosan dan Plasticizer Gliserol pada Karakteristik Plastik Biodegradable dari Pati Limbah Kulit Singkong. Surabaya: ITS.

Suryati, D. 1992. Penanganan Sampah Plastik. Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah LIPI. Jakarta. 4-5.

Utomo, A. W., B. D. Argo., dan M. B. Hermanto. 2013. Pengaruh suhu dan lama pengeringan terhadap karakteristik fisikokimiawi plastik biodegradable dari komposit pati lidah buaya (Aloe vera)-kitosan. Jurnal Fakultas Teknologi Pertanian. Universitas Brawijaya. Volume 1(1):73-79.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.