PROGRAM PEMBERDAYAAN WARGA BINAAN LAPAS II.B KOTA PAREPARE

Patahuddin Patahuddin, Syawal Syawal, Akhsan Akhsan

Sari


Program Pemberdayaan Masyarakat Lembaga Pemasyarakatan (LAPAS) Kelas II.B Parepare adalah program yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan, talenta dan profesionalisme narapidana sesuai dengan bakat, minat, perkembangan fisik dan mental mereka, serta potensi lingkungan mereka sebagai sarana untuk bekerja dalam memperbaiki ekonomi masyarakat dan mengurangi kemiskinan serta meningkatkan kualitas kehidupan narapidana. Program pemberdayaan yang dilaksanakan di kelas LAPAS II.B Parepare meliputi; pengolahan kain perca, jahit dan sablon. Tujuan dari ketiga program tersebut adalah; 1). Sebagai keterampilan yang bisa memberi sumber penghasilan selama berada di LAPAS, 2) Memberikan ketrampilan tambahan bagi narapidana sebagai bekal kewirausahaan nantinya saat mereka bebas dari LAPAS. Pelaksanaan Program Pemberdayaan Masyarakat LAPAS Kelas II. B Parepare diawali dengan seminar kewirausahaan kemudian dilanjutkan dengan pelatihan pemrosesan kain perca yang mencakup pembuatan keset dan penyimpanan jarum pentul, kursus menjahit dan sablon.
Kata Kunci: Program Pemberdayaan Masyarakat, pengolahan kain perca, Narapidana, sablon, kursus menjahit.

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Budi, S. A. (2013) Evaluasi Model Pembinaan Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Klas II A Wanita Semarang. Universitas Negeri Semarang.

Cahyono, A. S. (2014) ‘Pemberdayaan dan Pengembangan Keterampilan Warga Binaan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Tulungagung (Anang Sugeng Cahyono)’, Jurnal Universitas Tulungagung BONOROWO, 2(1).

DEPDIKNAS (2007) ‘Kamus Besar Bahasa Indonesia’. Indonesia: Balai Pustaka, p. 1386.

Setiawan, T. (2006) Model Pembinaan Narapidana Di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Wanita Semarang. Universitas Negeri Semarang. Available at: http://id.scribd.com/doc/50994672/Model-Pembinaan-Narapidana-Di-Lembaga-Pemasyarakatan-Klas-IIA-Wanita-Semarang. diakses tgl 22/06/2014. 23.48.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Article Metrics

Sari view : 43 times
Tidak berjudul - 254 times