IBK UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO

M. Rusli B, Abdul Rahim Ruspa, Gita Sri Hidayati

Sari


Tujuan Iptek bagi Kewiausahaan (IbK) di Universitas Cokroaminoto Palopo secara Umum adalah penguatan kapasitas dan kapabilitas kewirausahaan mahasiswa dan alumni untuk menjadi job creator secara umum di Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP). Secara khusus target yang ingin dicapai dalam program IbK di Universitas Cokroaminoto Palopo adalah; 1) Adanya pengembangan dan pengingkatan pengetahuan keterampilan tenant dalam membuka binsis (berwirausaha), 2) Menciptakan 5 wirausaha baru di UNCP yang mandiri dan berdaya saing berbasis Potensi lokal dan Ipteks setiap tahunnya, 3) Terciptanya Wira Usaha baru yang berbasis Potensi lokal dan Ipteks setiap tahunnya, 4) Merancang dan menciptakan model pelatihan kewirausahaan yang disesuaikan dengan kebutuhan tenant, 5) Mempublikasikan laporan program setiap tahunnya melaui seminar dan junral yang bereputasi secara nasional maupun internasioanl. Luaran dari program IbK ini adalah; a) Luaran pada tahun pertama program IbK ini adalah publikasi pada jurnal nasional dan seminar nasional, b) Tahun pertama program IbK di Universitas Cokroaminoto Palopo wajib menghasilkan minimal 5 wirausaha baru yang berbasis Potensi lokal dan Ipteks setiapa tahunnya, c) pada tahun pertama, kedua dan ketiga menghasilkan peserta IbK yang menjadi wirausaha mandiri mengalami peningkatan di tahun ketiga sebesar 80%. d) Mengasilkan minimal 2 produk atau jasa Wira Usaha baru (WUB) yang berbasis Potensi lokal dan Ipteks, e) Ke 5 tenant setiap tahunnya mampu membangun jejaring wirausaha yang lebih luas dan mampu merekrut tenaga kerja. Metode pendekatan yang dilakukan yaitu pelatihan kewirausahaan, magang, pendampingan dan monitoring-evaluasi
Program IbK di UNCP dirancang setiap tahunnya membina minimal 20 tenant dan ditargetkan menghasilkan 5 wirausaha baru yang mandiri setiap tahunnya. Tenan tersebut berasal dari PKM kewirausahaan dan program wirausaha lainnya. Untuk mempertahankan eksistensi capaian setiap tahunnya dengan jumlah 20 tenant, maka pengelolah IbK di Universitas Cokroaminoto Palopo akan merekrut tenan baru dari sejumlah tenant yang telah berwirausha agar tenat tetap konsisten 20 setiap tahunny a. Pada prinsipnya program IbK di Universitas Cokroaminoto Palopo sehingga setiap mahasiswa dan alumni yang menjalankan wirausha atau mempunyai jiwa kewiraushaan dapat mendaftar sebagai anggota tenant tanpa dibatasi di sekertariat IbK di Universitas Cokroaminoto Palopo. Setiap mahsiswab yang mendaftar dan memenuhi criteria di program IbK Universitas Cokroaminoto Palopo akan difasilitasi untuk berpartisipasi dalam program yang telah dirancang secara professional oleh pengelolah IbK di Universitas Cokroaminoto Palopo.
Kata Kunci: Tenan, UNCP dan Wirausaha Mandiri.

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Anonim. 2015. Pedoman Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) Tahun 2015. Jakarta: Kemenristekdikti.

Anonim. 2016. Panduan Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat Edisi X Tahun 2016. Jakarta: Kemenristekdikti.

Beer, Lawrence., A. 2015. A Strategic and Tactical Approach to Global Business Ethics: Second Edition. New York: Business Expert Press.

Giudice, M. D., Peruta, M. R., dan Carayannis E. G. 2014. Student Entrepreneurship in the Social Knowledge Economy. London: Springer.

Kasali, R, dkk. 2010. Modul Kewirausahaan untuk Program Strata 1. Jakarta: Hikmah. Mellor, Robert, dkk. 2009. Entrepreneurship for Everyone: A Student Text Book.London: Sage Publication.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Article Metrics

Sari view : 5 times
Tidak berjudul - 8 times