PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN: STUDI EMPIRIS PADA INDUSTRI KAFE DAN RESTO DI KOTA PALOPO

M. Risal

Sari


Penelitian ini merupakan studi empiris pada industri kafe dan resto di kota Palopo. Tujuan utama penelitian ini adalah menganalisis pengaruh antar variabel guna menjawab permasalahan penelitian. Penelitian ini memberikan implikasi manajerial mengenai langkah yang seharusnya diambil industri kafe dan resto untuk meningkatkan kepuasan pelanggan melalui bauran pemasaran. Populasi penelitian ini adalah pengunjung kafe dan resto di kota Palopo. Dalam penelitian ini data diukur dari persepsi responden atas pertanyaan yang diajukan. Setiap responden diminta untuk menyatakan pendapatnya mengenai pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. Ukuran skala yang digunakan 1 sampai dengan 5 yang mengacu pada Semantik Differential Scale. Hasil pengujian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara bauran pemasaran terhadap kepuasan pelanggan. Data responden tersebut dianalisis kesesuaiannya dengan model penelitian yang dikembangkan dari kerangka pikir teoritis menggunakan analisis konfirmatori Smart PLS (Partial Lest Square) yang dioperasikan dengan komputer menggunakan software AMOS 21.
Kata Kunci: Produk, Harga, Promosi, Tempat, Orang, Proses, Fisik, Kepuasan Pelanggan

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


BPS, 2012. Restoran dan Rumah Makan

Kadhim, Faris Abdullah, et. Al, 2016. Effects of marketing mix on customer satisfaction: empirical study on tourism industry in Malaysia. International Journal of Applied Research. 357-360.

Jogiyanto, 2010. Metodologi Penelitian Bisnis. Edisi Pertama, BPFE-Yogyakarta.

Kotler dan Keller, 2012. Marketing management 13. New Jersey: Pearson Prentice Hall, Inc.

Kotler dan Keller, 2016. Marketing management 15e. New Jersey: Pearson Education Limited. [6] Lovelock, 2011. Service marketing. New Jersey USA: Pearson.

Medlik, 1996. Dictionary of Travel, Tourism and Hospitality. 2nd edn, Heinemann.

Panggah, 2016. Kementrian Perindustrian dan Pariwisata Republik Indonesia.

Suyadi, 2014. Asosiasi Pengusaha Kafe dan Restoran Indonesia (Akprindo). [10] Zeithaml dan Bitner, 2008. Service marketing. McGraw-Hill Education [11] Zeithaml dan Bitner, 2013. Service marketing. McGraw-Hill Education.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Article Metrics

Sari view : 6 times
Tidak berjudul - 68 times