PENGARUH MOTIVASI DAN KOMUNIKASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. FINANSIA MULTI FINANCE CABANG PALOPO

Haedar Haedar, Suparni Sampetan, Ahmad Suardi

Sari


Dalam melaksanakan pekerjaan, karyawan tidak lepas dari komunikasi dengan sesama rekan sekerja, dengan atasan dan dengan bawahan. Komunikasi yang baik dapat menjadi sarana yang tepat dalam meningkatkan kinerja karyawan. Motivasi merupakan pemberian daya penggerak yang menciptakan kegairahan kerja seseorang, agar mereka mau bekerja sama, bekerja efektif, dan terintegrasi dengan segala daya upayanya untuk mencapai kepuasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Motivasi dan Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan PT. Finansia Multi Finance Cabang Palopo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi Linier Berganda. Hasil analisis regresi berganda menunjukkan bahwa Motivasi dan Komunikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan PT. Finansia Multi Finance Cabang Palopo, dengan nilai koefisiensi korelasi sebesar 0,958. Pengaruh Motivasi dan Komunikasi terhadap Kinerja karyawan PT. Finansia Multi Finance Cabang Palopo dari hasil analisis regresi linier berganda diperoleh Adjusted R Square 914 atau 91,4% dari kinerja ditentukan oleh Motivasi dan Komunikasi secara bersama-sama, sedangkan sisanya sebesar 8,6% ditentukan oleh faktor lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan maupun parsial variabel motivasi dan variabel komunikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan.
Kata Kunci: Motivasi, Komunikasi, Kinerja Karyawan

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Anwar Prabu Mangkunegara. 2005. Evaluasi Kinerja SDM. Cetakan Pertama. Bandung, Refika Aditama.

Antoni Feri. 2006. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Orientasi Tugas dan Orientasi Hubungan terhadap Motivasi Kerja dan Dampaknya pada Prestasi Kerja Pegawai Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Surabaya, Tesis Universitas 17 Agustus Surabaya.

Arikunto, S. 2002. Prosedur Suatu Penelitian: Pendekatan Praktek. Edisi Revisi Kelima. Penerbit Rineka Cipta. Jakarta.

Desy Ernika. 2016. Pengaruh komunikasi Organisasi dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT.Inti Tractors Samarinda. Jurnal Ilmua Komunikasi, Vol.4 No.2, 2016.

Dudung Juhana, Kadir, Daniel Yahya. 2011. Pengaruh Kepemimpinan, Komunikasi dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai pada Biro Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah Propinsi Jawa Barat. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Entrepreneurship Vol. 5 No. 2 Oktober, 2011.

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Nawawi, Hadari. 2006. Manajemen Strategik Organisasi Non Profit Bidang Pemerintahan. Gajah Mada University Press. Yogyakarta.

Siagian. S.P. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan Kesebelas. Bumi Aksara. Jakarta.

Susi Hendriani dan Fitri Hariyandi. 2014. Pengaruh Motivasi dan Komuniasi Terhadap Kinerja Pegawai di Lingkungan Sskretariat Daerah Propinsi Riau. Jurnal Aplikasi Bisnis, Vol 4 No. 2, April 2014


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Article Metrics

Sari view : 58 times
Tidak berjudul - 17 times