DESAIN DAN PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUK KUE GAMBUNG UKM DESA LAMBARA HARAPAN

Muh. Halim, Arfan Amrin, Harmita Sari

Sari


Jika dilihat dari globalisasi perdagangan dunia yang semakin tahun semakin mampu bersaing, suatu negara termasuk daerahnya harus mampu mengatasi atau menghadapi perkembangan dan persaingan globalisasi sekarang ini. Salah satunya adalah melalui industri yang berbasis teknologi dan didukung oleh iklim perdagangan sehat serta sistem distribusi yang makin meluas dan mantap. Sehingga industri dapat menjadi tumpuan pertumbuhan ekonomi dan peningkatan pendapatan masyarakat secara luas. Industri kue gambung kurang mampu bersaing dengan industri kecil lainnya. Hal ini dikarenakan pelaku industri kurang memperhatikan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi nilai tambah dari produknya seperti desain produk dan kalkulasi harga pokok produk. Oleh karena itu, untuk mengatasi hal tersebut dapat dilakukan dengan pembinaan (pelatihan dan praktik). Solusi yang ditawarkan dalam program pengabdian ini adalah memberikan pelatihan mengenai desian produk, kemasan produk, dan desain kotak beserta warna serta ukurannya.Tolak ukur keberhasilan kegiatan ini adalah dihasilkannya kue gambung yang tahan lama, kemasan kotak yang menarik. Selain itu, juga menawarkan pelatihan manajemen, pencatatan keuangan, dan kerjasama dengan pemilik modal yang saling menguntungkan. Program pengabdian ini dilakukan di Desa Lambara Harapan dengan metode pemberdayaan masyarakat. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pembinaan dapat meningkatkan pemahaman bagi penduduk Desa Lamabara Harapan terkait membuat desain produk dan perhitungan penetapan harga jual produk kue gambung.
Kata Kunci: Desain Produk, Harga Pokok Produk, Kue Gambung

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Bagus GN. 1991. Hubungan Pariwisata dengan Budaya di Indonesia: Prospek dan Masalahnya dalam Kumpulan Kongres Kebudayaan. Jakarta [ID]: Depdikbud.

Waluyo H. 1993. Dukungan Budaya Terhadap Perkembangan Ekonomi. Jakarta [ID]: Depdikbud.

Spillane JJ. 1993. Ekonomi Pariwisata: Sejarah dan Prospeknya. Yogyakarta [ID]: Kanisius.

Muslam, Fatkuroji dan Muntoli’ah. 2016. Pemberdayaan Pemuda Karang Taruna Melalui Program Remaja Pintar Berbasis Agama Desa Wisata Kandri Kota Semarang. Journal DIMAS Volume 16, No.1, Hal, 145-166.

Ashe JW. 2005. Tourism investment as a tool for development and poverty reduction: the experience in Small Island Developing States (SIDS). The Commonwealth Finance Ministers Meeting. Barbados (BB), 18–20 September.

McElroy JL. 2006. Small island tourist economies. across the life cycle. Asia Pacific Viewpoint. 47(1): Hal, 61-77.

Budi Setiawan & Zulfanita. 2015. Pengembangan Desa Wisata Jatimalang Berbasis Industri Kreatif (Development Jatimalang Village Tourism Based Creative Industries). Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol 1(2): Hal, 101-109.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Article Metrics

Sari view : 66 times
Tidak berjudul - 62 times