EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIVE LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 14 PALOPO

Diani Aulia

Sari


Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, bertujuan untuk mengetahui: (1) Hasil Penalaran matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Palopo sebelum dan setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Generative Learning (GL), (2) Respon siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Palopo terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe GL (Generative Learning), (3) peningkatan hasil Penalaran matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Palopo setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe GL (Generative Learning), (4) Aktivitas siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Palopo setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe GL (Generative Learning). Satuan eksperimen dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII. Desain penelitian ini menggunakan One-group pretest-posttest design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil penalaran, angket respon dan lembar observasi. Sedangkan analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistika deskriptif dan analisis statistika inferensial. Berdasarkan kriteria efektivitas secara deskriptif yaitu (1) Skor rata-rata hasil penalaran siswa untuk posstest yaitu 82,50 melebihi KKM (70), (2) rata-rata gain ternormalisasi sebesar 0,74 melebihi 0,29,(3) rata-rata aktivitas dan respon siswa yaitu 3,35 dan 3,735 berada pada kategori aktif. (4) ketuntasan hasil penalaran siswa secara klasikal kurang dari 85% yaitu 82,50 yang berarti bahwa hasil penalaran matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Palopo secara individu mengalami peningkatan tetapi secara keseluruhan tidak mengalami peningkatan.
Kata kunci: Model Kooperatif, Generatif Learning (GL).

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Aulia, Diani. 2016. Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Generative Learning Terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 14 Palopo. Skripsi. Palopo : FKIP-UNCP.

Harianti. 2010. Upaya Meninggkatkan Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Kelas VII C SMP Negeri 2 Depok Sleman dalam Pemebelajaran Matematika Melalui Pendekatan Investigasi. Skripsi yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Shvoong. 2011. Model Pembelajaran Generatif (Online) Http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2254144(online) diakses pada tanggal 10 Desember 2015.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Article Metrics

Sari view : 3 times
Tidak berjudul - 7 times