ANALISIS KOMPARATIF HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MEMPERTIMBANGKAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU

Ikram Lihu

Sari


Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui (1) hasil belajar matematika siswa kelas X MAN Palopo yang diajar oleh guru dengan tipe kepribadian plegmatis, (2) hasil belajar matematika siswa kelas X MAN Palopo yang diajar oleh guru dengan tipe kepribadian sanguin, (3) perbandingan hasil belajar matematika siswa kelas X MAN Palopo yang diajar oleh guru dengan tipe kepribadian plegmatis dan yang diajar oleh guru dengan tipe kepribadian sanguin. Penelitian ini dilaksanakan di MAN Palopo Tahun Pelajaran 2015/2016. Pengambilan kelas calon sampel sebanyak dua kelas dari delapan kelas dengan jumlah siswa sebanyak 198 orang, dilakukan dengan cara random sampling Pemilihan narasumber dilakukan dengan cara random sampling. Sehingga calon sampel yang diperoleh tiap kelas sebanyak tiga orang yang mewakili siswa dengan hasil belajar tinggi (tinggi-sangat tinggi), hasil belajar sedang, dan siswa hasil belajar rendah (sangat rendah-rendah). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tes penggolongan tipe kepribadian untuk guru bersangkutan dan wawancara dengan narasumber. (1) Hasil belajar matematika siswa kelas X MAN Palopo yang diajar oleh guru dengan tipe kepribadian plegmatis mempunyai nilai rata-rata 71,12 dengan kategori hasil belajar baik, (2) Hasil belajar matematika siswa kelas X MAN Palopo yang diajar oleh guru dengan tipe kepribadian sanguin mempunyai niai rata-rata 78,04 dengan kategori hasil belajar baik, (3) Hasil belajar matematika siswa kelas X MAN Palopo yang diajar oleh guru dengan tipe kepribadian sanguin lebih tinggi dibandingkan hasil belajar matematika siswa kelas X MAN Palopo yang diajar oleh guru dengan tipe kepribadian plegmatis, namun kedua hasil belajar matematika tersebut dikategorikan hasil belajar baik.
Kata Kunci: Tipe Kepribadian Sanguin, Tipe Kepribadian Plegmatis, Analisis Komparatif, Kompetensi Kepribadian Guru.

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


. Abidin, Muh, Zainal. 2014. Deskripsi Pemecahan Masalah Matematis Materi Spldv Berdasarkan Kecenderungan Tipe Kepribadian Siswa. Tesis tidak diterbitkan: Program Pasca Sarjana UNM. Makassar.

. Detik Sumsel. 2015. Guru Disarankan Buat Rangkuman, Atasi Kekurangan Buku (Online, http://detiksumsel.com/guru-disarankan-buat-rangkumanatasi-kekurangan-buku/, diakses 23 Juni 2016).

. E. Mulyasa. 2008. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, Cet. 3, Bandung: Remaja Rosdakarya.

. Kurniawati, Nanik. 2010. Keefektivan Metod Penugasan Dengan Pemberian Tugas Terstruktur Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Trigonometri. Skripsi diterbirkan. Semarang: Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Walisongo. (Online, http://library.walisongo.ac.id/digilib/./files/disk1/94/jtptiain-gdl-ifaluthfia-4659-1-skripsi-_.pdf, diakses 21 Juni 2016).

. Muhibbin, Syah. 2008. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Remaja Rosdakarya. Bandung.

. Ryuzaki, Ahn. 2012. Refleksi, Pentingnya Refleksi dalam Proses Belajar-Mengajar (Online, http://www.rumahpintar.asia/2012/02/refleksi-pentingnya-refleksi-dalam.html, diakses 23 Juni 2016).

. Sakinah, Lala. 2013. Penjelasan Lengkap Kepribadian Sanguinis. (Online, http://lalasakinah.blogspot.co.id/2013/08/penjelasan-lengkap-kepribadian-sanguinis.html, diakses 21 Maret 2016).

. Sugiyono. 2010. Metode Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.

. Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuntitatif, Kualiatif dan R&D). Alfabeta. Bandung.

. Wijaya, Fahri. 2013. 4 Macam Tipe Kepribadian Manusia. (Online, http://www.wivrit.com/2013/10/4-macam-tipe-kepribadian.html, diakses 20 Maret 2016).

. Zahra. 2011. Pentingnya Membangun Apersepsi Bagi Pengajar (Online, http://zahrathelittledesert.blog.uns.ac.id/2011/07/19/pentingnyamembangun-apersepsi-bagi-pengajar/, diakses 23 Juni 2016).


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Article Metrics

Sari view : 3 times
Tidak berjudul - 11 times