PENINGKANTAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDIDIKAN MODEL QUANTUM LEARNING DENGAN SETTING KOOPERATIF PADA SISWA KELAS XI IPA.2 SMA NEGERI 1 MASAMBA

Safruddin Safruddin

Sari


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk memperoleh gambaran seberapa besar motifasi, potensi belajar dan kepercayaan siswa serta untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar matematika pada siswa kelas XI IPA 2 setelah diterapkannya pembelajaran model Quantum Learning dengan setting koperatif. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Masamba pada semester ganjil 2013/2014 dengan jumlah siswa 38 orang, yang terdiri dari 17 orang laki-laki dan 21 orang permpuan.Siklus I dilaksanakan selama 4 kali pertemuan dan siklus II dilaksanakn juga 4 kali pertemuan. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dan observasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa pada siklus I diperoleh dengan skor rata-rata sebesar 55,79 dari skor maksimun yang mungkin dicapaiya itu 100 dan standar deviasinya 16,12. Untuk siklus II diperoleh skor rata-rata sebesar 71,97 dari skor maksimum yang dicapai yaitu 100 dan standar deviasinya 10,97 sedangkan untuk tingkat penguasaan 65 % keatas terjadi peningkatan yaitu dari 42,11 % pada siklus I menjadi 84,21 % pada siklus II.Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya pembelajaran model Quantum Learning dengan setting koperatif maka dapat meningkatkan hasil belajar matematika dan menumbuhkan rasa percaya diri, motivasi dan kesungguhan siswa dalam belajar matematika.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Kuantum Learning, Setting Kooperatif.

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Arham , H. 2004. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Model Pembelajaran Quantum Pada Siswa Kelas ii.6 SLTP Negeri 1 Makassar. Skripsi, makassar. FMIPA UNM.

Arikunto, S. 2002. Dasar-Dasar Evaluasi Pebdidikan. Jakarta : Bumi Aksara

Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipte

DePorter, Bobbi. Mark R. & Sarah Singer-Nourie. 2003. Quantum Teaching Memperaktikkan Quantum Learning Di Ruang-ruang Kelas. Bandung : Penerbit Kaifa.

DePorter, Bobbi & Mike H. 2002 Quantum Learning Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung : Penerbit Kaifa.

Hosea TM. 2002. Komparasi Hasil Belajar Matematika Siswa Antara Siswa Yang Diberi Tugas Kelompok Dan Siswa Yang Diberi Tugas Perorangan. Skripsi, Makassar. FMIPA UNM.

Mansyur M, 2003. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II MTs DDI Al-Mubarak Tobarakka Wajo Mmmelalui Pendekatan Quantum Teaching. Skripsi, Makassar

Mulyasa, E, 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi Konsep, Karaktreristik, dan Implementasi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Nata, Abuddin. 2003. Manajemen Pendidikan Mengatasi Kelemahan Pendidkan Islam Di Indonesia. Jakarta Timur : Prenada Media

Nuryeni, 2002. Komparansi Metode Kerja Kelompok Dan Kerja Individu dalam Pembelajaran Matematika pokok Bahasa Lingkaran I. Skripsi, Makassar ; FMIPA UNM.

Rahmawati, Sri. 2006. Implementasi Pembelajaran Berbasis Portofolio dalam Meningkatkan Hasil belajar Matematika Siswa Kelas VIII6 SMP Negeri 1 Watansoppeng. Skripsi, Makassar. FMIPA UNM

Sugiyono. 1999. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : CV. Alfabeta


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Article Metrics

Sari view : 37 times
Tidak berjudul - 107 times