PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENYUSUN TEKS TANGGAPAN KRITIS DENGAN MENGGUNAKAN METODE CRITICAL THINKING

Muthmainnah Muthmainnah, Roni La’biran, Mastia Mastia

Sari


Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan di MTs Husnul Khatimah Polewali Mandar yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar menyusun teks tanggapan kritis dengan menggunakan metode Critical Thinking pada peserta didik kelas IXA. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IXA MTs Husnul Khatimah Kabupaten Polewali Mandar Tahun Ajaran 2016/2017, dengan jumlah keseluruhan sebanyak 23 orang yang terdiri dari laki-laki 14 orang dan perempuan 9 orang. Pengumpulan data dilakukan melalaui teknik tes/tertulis dan teknik non tes/pedoman observasi. Kemudian analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif baik kualitatif maupun kuantitatif. Kuantitatif digunakan untuk mendeskripsikan kemampuan menyusun teks tanggapan kritis pada peserta didik dengan menggunakan metode Critical Thinking pada peserta didik kelas IXA MTs Husnul Khatimah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik kelas IXA MTs Husnul Khatimah dapat meningkatkan kemampuannya dalam menyusun teks tanggapan kritis dengan menggunakan metode Critical Thinking. Nilai yang diperoleh pada tindakan pembelajaran siklus I yaitu rata-rata secara umum sebesar 60,00% dalam kategori kurang baik, dan mengalami peningkatan pada tindakan Siklus II dengan jumlah nilai rata-rata sebesar 85,00% dalam kategori baik, dengan selisih jumlah peningkatan nilai rata-rata sebesar 25,00%.
Kata Kunci: hasil belajar, teks tanggapan kritis, critical thinking

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


A, Sabri. 2005. Strategi Belajar Mengajar Micro Teaching. Jakarta: Quantum Teaching.

R. F. Pratama. 2017. Teks Tanggapan Kritis dalam Surat Kabar Harian Jawa Pos (online). Universitas Negeri Malang. 2017. Jurnal.

Guru Pembaharu.com©. 2015. Critical Thingking. Forum komunikasi, interaksi dan kolaborasi pendidik. 2015.

Hariyanto dan Suryono. 2011. Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Bandung: Rosdakarya.

I. D. Humairah. Berpikir Kritis. Jember: Universitas Jember. 2014. Makalah.

Perkins dan Weber. 1992. Inventive Mind.: Creative in Technology. New York: University Pers.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Article Metrics

Sari view : 11 times
Tidak berjudul - 33 times