PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MAHASISWA UNIVERSITAS AL ASYARIAH MANDAR

Fatimah Fatimah

Sari


Penelitian ini adalah quasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa Univeritas Al Asyariah Mandar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program studi Pendidikan Matematika FKIP UNASMAN yang memrogramkan mata kuliah Geometri Dasar semester Genap TA 2016/2017. Sampel yang digunakan terdiri atas 2 kelas dengan jumlah masing-masing 20 dan 22 oang mahasiswa, satu kelas sebagai kelompok kontrol yang diajar tanpa menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan satu kelas sebagai kelompok eksprimen yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Perbedaan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa dilakukan secara inferensial untuk menguji hipotesis yakni dengan analisis independent sample t-test, namun sebelumnya dilakukan uji normal dan uji homogen. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa pada kelas yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan kelas yang diajar tanpa menggunakan model pembelajaran berbasis masalah.
Kata Kunci: Kemampuan, Pembelejaran Berbasis Masalah

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Suradi. 2002. Pemanfaatan Peta Konsep dalam Menyelesaikan Soal Pembuktian pada Teori Grup. UNPATI. Buletin Pendidikan Maematika Volume 4 No.2. FKIP Universitas PAttimura. Ambon.

BSNP. 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Standar Kompetensi dan Kompetensi dasar SMP/MTts. Pdf. Jakarta

NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. United States of America : The National Council of Teachers of Mathematics, Inc [4] Suherman Erman, S.Ar., dkk. 2003. Individual Text Book; Evaluasi Pembelajaran Matematika Bandung: JICA-FPMIPA.

Hudojo, Herman. 1990. Strategi Mengajar Belajar Matematika. IKIP Malang. [6] Widjajanti, Djamilah Bondan. 2009. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika: Apa Dan Bagaimana Mengembangkannya. Jurusan Pendidikan Matematika, FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. (PROSIDING ISBN : 978 – 979 – 16353 – 3 – 2, https://core.ac.uk/download/ files/335/11064623.pdf, diakses kembali Februari 2015).

Rusman. 2010. Model-model pembelajaran. Bandung: Mandiri Mulia Press

Kosasih, E. 2015. Starategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Article Metrics

Sari view : 6 times
Tidak berjudul - 5 times