MENTORING GURU DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE

Ma’rufi Ma’rufi, Muhammad Ilyas

Sari


Guru sebagai tenaga profesional mengandung makna bahwa guru harus terus menerus meningkatkan layanan profesinya untuk kualitas peserta didiknya. Pedagogical Content Knowledge (PCK) adalah pengetahuan yang merupakan integrasi antara pengetahuan konten metematika, pedagogik dan pengetahuan tentang siswa. Pengembangan profesionalisme guru, khususnya guru pemula dapat dilakukan melalui program induksi dan mentoring guru. Artikel ini merupakan bagian dari penelitian pengembangan model mentoring guru berbasis PCK. Tujuan artikel ini adalah mendeskripsikan PCK guru berkaitan dengan jenis pertanyaan yang diajukan guru dalam mengatasi kesalahan dan miskonsepsi siswa pada materi sistem persamaan linear. Mentoring sebagai suatu model pembinaan dan pendampingan guru melalui kolaborasi dosen program studi pendidikan matematika dan guru matematika SMP. Bentuk mentoring dosen terhadap guru berbasis PCK, dapat meningkatkan kompetensi profesionalisme dan kompetensi pedagogik guru, termasuk jenis pertanyaan guru dalam mengatasi kesalahan dan miskonsepsi siswa. Jenis pertanyaan yang diajukan guru dalam mengatasi kesalahan dan miskonsepsi siswa pada materi sistem persamaan linear terdiri atas pertanyaan yang mengarahkan siswa kepada jawaban benar dan pertanyaan yang mendorong siswa untuk berpikir.
Kata-kata Kunci: Pedagogical Content Knowledge, mentoring, guru, jenis pertanyaan, matematika

Referensi


Basuki, I., & Hariyanto. 2016. Asesmen pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Guzel, E. B. 2010. An Investigation of Pre-service Mathematics Teachers’ Pedagogical Content Knowledge, Using Solid Objects. Journal Scientific Research and Essays. 5(14), 1872-1880.

Joyce, B. & Weil, M. 1992. Models of Teaching. Boston: Allyn and Bacon.

Lee, J., 2010. Exploring Kindergarten Teachers’ Pedagogical Content Knowledge of Mathematics:Department of Curriculum and Instruction-EC4, College of Education and Health Profesional, University of Texas at Arlington, Science Hall.

Lewis, C. 2002. Lesson study: A handbook of teacher-led instructional change. Philadelphia: Research for Better Schools.

Magnusson, S., Krajcik, J., & Borko, H. 1999. Nature, sources and development of pedagogical content knowledge for science teaching. In J. Gess-Newsome & N. G. Lederman (Eds.), Examining pedagogical content knowledge: The construct and its implications for science education (pp. 95-132). Dordrecht, The Netherlands: Kluwer Academic

Ma’rufi, 2016. Teacher’s Pedagogical Content Knowledge on Students-Matter on Quadratic Function Materials. Proceedings 3rd ICRIEMS “The Global Challenges on the Development and the Education of Mathematics and Science. Yogyakarta: Faculty of Mathematics and Science

Ma’rufi, Budayasa, I. K., & Juniati, D. 2017a. Pedagogical content knowledge: Knowledge of pedagogy novice teachers in mathematics learning on limit algebraic function. In AIP Conference Proceedings (Vol. 1813, No. 1, p. 050003). AIP Publishing.

Ma’rufi, Budayasa, I. K., & Juniati, D. 2017b. The analysis of mathematics teachers’ learning on algebra function limit material based on teaching experience difference. In AIP Conference Proceedings (Vol. 1867, No. 1, p. 020056). AIP Publishing.

Ma, L.,1999. Knowing and Teaching Elementary Mathematics:Teachers’ Understanding of Fundamental Mathematics in China and the United States. New York: Routledge.

NCTM. 2000. Principle and Standards for School Mathematics. Reston: The National Council of Teacher Mathematics, Inc.

Nieven N.1999. Design Approaches and Tools in Education and Training.London: Kluwer Academic Publishers.

OECD, 2013. PISA 2012 Result in Focus, www.oecd.org.

Plomp, T., 1997. Educational and training system design. Enschede, The Netherlands: Univercity of Twente.

Rohaan, Ellen.J., Taconis, R., Jochems, W.M.G. 2009. Measuring Teachers’ Pedagogical Content Knowledge in Primary Technology Education. Research in Science & Technologycal Education, 27: (3), 327-338.

Soedjadi. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia: Konstatasi Keadaan Masa Kini Menuju Harapan Masa Depan. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas.

Tanisli, D & Kose, N.Y. 2013. Pre-Service mathematics Teachers’ Knowledge of Students about the Algebratic Concepts. Australian Journal of Teacher Education, 38 (2).


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.