ANALISIS KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BULUKUMBA

Andi Indra Sulestry, Sitti Masyitah Meliyana R

Sari


Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa dalam (1) menentukan hal yang diketahui, (2) menentukan yang ditanyakan, (3) membuat model matematika, (4) menyelesaikan model matematika, (5) menyimpulkan jawaban dari soal cerita matematika. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampan menyelesaikan soal cerita matematika yang telah memenuhi validitas isi dan validitas konstruk. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil analisis statistik deskriptif disimpulkan bahwa: (1) kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bulukumba dalam menentukan hal yang diketahui dikategorikan tinggi dengan selang kepercayaan 6,96 ≤ μ ≤ 7,60, (2) kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bulukumba dalam menentukan yang ditanyakan dikategorikan tinggi dengan selang kepercayaan 4,93 ≤ μ ≤ 5,36, (3) kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bulukumba dalam membuat model matematika dikategorikan tinggi dengan selang kepercayaan 9,54 ≤ μ ≤ 10,67, (4) kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bulukumba dalam menyelesaikan model matematika dikategorikan rendah dengan selang kepercayaan 12,93 ≤ μ ≤ 21,79, (5) kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 1 bulukumba dalam menyimpulkan jawaban dari soal cerita matematika dikategorikan rendah dengan selang kepercayaan 10,69 ≤ μ ≤ 16,95.
Kata kunci : soal cerita, model matematika

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Dimyati, dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djadir. 1995. Hubungan Sikap dan Inteligensi dengan Prestasi Belajar Matematika pada SMP Negeri di kotamadya Ujung Pandang. Transformasi. Vol.1 No. 4. Ujung pandang: FPMIPA IKIP Ujung Pandang.

Hudojo, Herman. 2003. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: universitas.

Eggen, Paul & Kauchak, Don. 2012. Strategi Dan Model Pembelajaran.. Mengajarakan Konten dan Kemampuan Berpikir. Jakarta: Indeks.

Nasution, S. 1997. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Suherman, Erman, dkk.. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Jurusan pendidikan Matematika FMIPA Universitas Pendidikan Indonesia.

Tiro, M.A. 1997. Aktualisasi Matematika dalam Era Informasi. Transformasi. Vol II 2001. Ujung pandang: FPMIPA IKIP Ujung Pandang.

Usman, Uzer. 2002. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.