AKTIFITAS MAHASISWA DALAM LESSON STUDY PADA PEMBELAJARAN ENGLISH LEARNING MEDIA

Suardi Suardi

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas yang dilakukan oleh mahasiswa pada saat
pembelajaran English Learning Media melalui lesson studyactivities. Dengan menggunakan metode
deskriptive analisisdisetiap kegiatan pada siklus Plan, Do dan See yang dilakukan sebanyak empat
siklus. Adapun aktivitas mahasiswa yang didapat dengan merujuk kepada teori Diedrich tentang jenisjenis
aktivitas yaitu: (1) Visual Aktifitis dalam lesson studi ini adalah saling menanggapi pekerjaan,
mengamati media, (2) Oral Aktivitas: Mahasiswa saling berinteraksi, memaparkan hasil kegiatan, (3)
Listening Aktivitas: Mendengarkan pemaparan yang dilakukan dosen dan teman mereka, (3) Drawing
aktivitas: mahasiswa menghasilkan banyak karya media pembelajaran, (4) Motor aktivitas: banyak
media pembelajaran yang dibuat dari bahan bekas dan direparasi menjadi media pembelajaran, (5)
Mental kativitis: saling menganggapi, mengingat, membuat hubungan dan mengambil keputusan, (6)
Emotional aktivitis: menaruh minat, merasa bosan, gembira, bergairah, berani, gugup dan tentang.
Kata Kunci : Aktivitas, Lesson Study, English Learning Media

Teks Lengkap:

Untitled (English)

Referensi


Saito, E., Imansyah, H. dan Ibrohim. 2005. Penerapan Studi Pembelajaran di Indonesia: Studi Kasus dari IMSTEP. Jurnal Pendidikan “Mimbar Pendidikan”, No.3. Th. XXIV: 24-32.

Fernandez, Clea and Yoshida, Makoto. (2004). Lesson Study : A Japanese Approach to Improving Mathematics Teaching and Learning. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Publishers.

Hendayana,S.2006. Lesson Study suatu Strategi untuk Meningkatkan Keprofesionalan Guru (Pengalaman IMTEP JICA).Bandung: Upi Press.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.