EFEKTIVITAS METODE THE LEARNING CELL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 SUNGGUMINASA KABUPATEN GOWA

Muhammad Muzaini

Sari


Jenis penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen yang melibatkan satu kelas sebagai kelas eksperimen dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika melalui penerapan metode The Learning Cell pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Sungguminasa Kabupaten Gowa Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini mengacu pada empat kriteria keefektifan pembelajaran yaitu tercapainya ketuntasan belajar secara klasikal, peningkatan hasil belajar, aktivitas siswa yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran, dan respons positif siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran dengan metode The Learning Cell. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design, yaitu sebuah eksperimen yang dilaksanakan tanpa adanya kelompok pembanding (kontrol).Subjek penelitian dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIIIc SMP Negeri 4 Sungguminasa Kabupaten Gowa sebanyak 42 orang sebagai kelas uji coba untuk diterapkan metode The Learning Cell. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) skor rata-rata tes hasil belajar matematika siswa melalui metode The Learning Cell adalah 80,40 dengan standar deviasi 10,76. Dari hasil tersebut diperoleh bahwa 40 siswa (95,24%) telah mencapai ketuntasan individu dan ini berarti bahwa ketuntasan secara klasikal telah tercapai. (2) Terjadi peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan metode The Learning Cell dimana nilai rata-rata gain ternormalisasi yaitu 0,64 dan umumnya berada pada katergori
sedang. (3) Rata-rata persentase frekuensi aktivitas siswa untuk setiap indikator mencapai kriteria efektif, yaitu 82,46%. (3) Kemampuan guru mengelola pembelajaran matematika melalui metode The Learning Cell mencapai skala penilaian 3,57 dan berada pada sangat aktif. (4) Angket respons siswa menunjukkan bahwa respons siswa terhadap metode The Learning Cell positif yaitu 84,52%. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa metode The Learning Cell efektif diterapkan dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Sungguminasa Kabupaten Gowa.

Kata Kunci : Efektifitas, Learning Cell, Matematika

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Emzir.2012. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Haling, A. dkk. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Huda, Miftahul. 2014. Model-model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarata: Pustaka Pelajar.

Hudojo, Herman. 2001. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang.

Nuharini, Dewi. 2008. Matematika Konsep dan Aplikasinya. Jakarta: pusat perbukuan departemen pendidikan nasional

Rusman, 2013.Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Suherman, Herman., dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Surabaya: Pustaka Pelajar.

Tim Penyusun KBBI. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia (edisi krtiga). Jakarta: Balai Pustaka.

Trianto, 2009.Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Satuan Tingkat Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Trianto. 2011. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi

Kontruktivistik. Surabaya: Prestasi Pustaka.

Uno, Hamzah B., 2006. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Zaini, H., Munthe, B., dan Aryanti, S. A., 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Institut Islam Negeri Sunah Kalijaga.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Article Metrics

Sari view : 276 times
Tidak berjudul - 265 times