EFEKTIVITAS PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 SUKAMAJU

Shindy Ekawati, Kadek Mira Nara Dewi

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sukamaju dalam pembelajaran matematika sebelum diterapkan pendekatan kontekstual, 2) hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sukamaju dalam pembelajaran matematika setelah diterapkan pendekatan kontekstual, 3) keterlaksanaan pembelajaran matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sukamaju selama diterapkan pendekatan kontekstual, 4) aktivitas siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sukamaju dalam pembelajaran matematika selama diterapkan pendekatan kontekstual, 5) respons siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sukamaju dalam pembelajaran matematika selama diterapkan pendekatan kontekstual, dan 6) peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sukamaju sesudah diterapkan pendekatan kontekstual. Jenis penelitian yang digunakan penelitian eksperimen kuantitatif. Satuan eksperimen dalam penelitian yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sukamaju. Dimana desain dalam penelitian ini yaitu one-group-pretest-posttest. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Kelas yang terpilih menjadi sampel kelas VIIIB. Hasil belajar siswa kelas VIIIB SMP Negeri 3 Sukamaju sebelum dan setelah diterapkan pembelajaran dengan penerapan kontekstual nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa dari 75 menjadi 82, keterlaksanaan pembelajaran siswa kelas VIIIB SMP Negeri 3 Sukamaju selama diterapkan pendekatan kontekstual rata-rata keterlaksanaan berada pada 3,70 (kategori sebagian besar aspek terlaksana), aktivitas siswa selama diterapkan pendekatan kontekstual siswa kelas VIIIB SMP Negeri 3 Sukamaju rata-rata aktivitas siswa berada pada 3,3 (kategori aktif), respons siswa selama diterapkan pembelajaran pendekatan kontekstual siswa kelas VIIIB SMP Negeri 3 Sukamaju berada pada rata-rata respons siswa 3,3 (kategori cenderung positif) dan terdapanya peningkatan hasil belajar siswa kelas VIIIB setelah pembelajaran dengan penerapan pendekatan kontekstual siswa kelas VIIIB SMP Negeri 3 Sukamaju dapat dilihat dari hasil gain siswa yaitu 0,44 (kategori tinggi). Hasil analisis statistik inferensial menunjukan semua indikator efektivitas memenuhi kategori keefektifan maka disimpulkan efektif diterapkan pembelajaran penerapan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran matematika siswa kelas VIIIB SMP Negeri 3 Sukamaju.

Kata kunci: Efektivitas, Pendekatan kontekstual, Hasil belajar, Keterlaksanaan, Aktivitas, respons.

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Rusman, 2012. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Suwangsih, Erna. 2009. Model-model Pembelajaran Matematika. Bandung: UPI Press.

Yornal. 2015. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan Pendekatan Kontekstual terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Baebunta. Skripsi tidak diterbitkan. Palopo.FKIP UNCP.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.