KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY DITINJAU DARI KEMAMPUAN PENALARAN SISWA SMA NEGERI 2 BAUBAU KELAS XI SEMESTER 2

Sardin Sardin, Dhoriva Urwatul Wutsqa

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan pendekatan pembelajaran guided inquiry ditinjau dari kemampuan penalaran siswa SMA Negeri 2 Baubau kelas XI semester 2. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan desain pretest-postest nonequivalent comparison-group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Baubau semester genap tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari 10 kelas. Kemudian dipilih satu kelas secara acak dari kesepuluh kelas tersebut. Kelas yang terpilih yakni XI IPA 4 dengan diberi perlakuan pendekatan pembelajaran guided inquiry. Kelas tersebut terdiri dari 32 siswa. Dari kelas tersebut diberi instrumen pretest dan posttest kemampuan penalaran matematika. Untuk menguji keefektifan pembelajaran digunakan uji one sample t-test (Uji t) melalui bantuan SPSS. Adapun hasil uji t= 15,67 dengan nilai sig=0,00, dengan kata lain pendekatan pembelajaran guided inquiry efektif ditinjau dari kemampuan penalaran siswa.

Kata Kunci: Pembelajaran guided inquiry, Penalaran matematika siswa.

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Anthony, G. & Walshaw, M. (2009). Characteristics of effective teaching of mathematics: a view from the west [Versi electronic]. Journal of Mathematics Education, 2, 147-164

Hosnan, M.. (2014). Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad ke 21. kunci sukses implementasi kurikulum 2013. Bogor: Ghalia Indonesia.

Ike, G. (2014). The effects of inquiry problem on students construction of mathematical reasoning and viable arguments. [Versi Elektronik]. Bowling Green State University. Honors Projects. Spring.

Jacobsen, D. A., Eggen, P., & Kauchak, D. (2009). Methods for teaching (metode-metode pengajaran): meningkatkan belajar siswa tk-sma. (Terjemahan Achmad Fawaid & Khoirul Anam). Upper Saddle River: Pearson Education, Inc. (Buku asli diterbitkan tahun 2009).

Joyce, B., Weil, M.,& Calhoun, E. (2009). Model-model pengajaran (edisi kedelapan). (Terjemahan Achmad Ferwaid & Atteila Mirza) New Jersey: Person Education.Inc. (Buku asli diterbitkan tahun 2009).

Kizilaslan, A, Sozbilir,M & Yasar,M.D. (2012). Inquiry based teaching in Turkey: A content analysis of research reports. [Versi Elektornik]. International Journal of Environmental & Science Education. Vol 7, No.4, 599-617

Kulhthau, Maniotes, & Caspari. (2007) Guided inquiry. London: British library catalouing

Majid, A. (2014). Implementasi kurikulum 2013. Kajian teori dan praktis. Bandung: Interes media

Mendikbud. (2013). Lampiran peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 68 tahun 2013, tentang kurikulum sekolah menengah atas/madrasah aliyah

Muijs, D., Reynolds, D. (2008). Effective teaching (Edisi kedua). (terjemahan Helly Prajitno Soetjipto & Sri Mulyantini Soetjipto). London: Sage publications ltd. (Buku asli diterbitkan tahun 2008)

National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principles and standards for school mathematics. Reston, VA: National Council of Theacer of Mathematics.

OECD. (2014). Student performance in mathematics reading and science (Volume I). OECD Publishing.

Oehlert, G.W. (2010).A first course in desaign and analysis of experiments. University of Minnesota

Retnawati, H. (Desember 2009). Pengaruh kemampuan berpikir logis/penalaran terhadap kemampuan matematika (studi komparasi sensitivitas program lisrel 8.51 dan amos 6.0). Prosiding seminar nasional matematika dan pendidikan matematika, 910-932

Reys, R.,et al. (2009). Helping children mathematics. (9th ed). New York: John Wiley & Sons. Inc

Sanjaya, W. (2008). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media

Santrock, J,W. (2011). Educational pshycology (5th ed). New York: Aaron Downey, Matrix Productions, Inc.

Shadiq, F (2004) Pemecahan masalah. penalaran, dan komunikasi. Yogyakarta: departemen pendidikan nasional direktorat jendral pendidikan dasar dan menengah pusat pengemabangan penataan guru (PPPG) Matematika Yogyakarta. Makalah disajikan dalam diklat/pengembang matematika SMP jenjang dasar, di PPPG matematika Yogyakarta

Skemp, R,R. (1971). The psychology of learning mathematics. Victoria, Australia: Penguin books Australia ltd

Syah, M (2008). Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru. Bandung, PT.Remaja Rosdakarya


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.