PENGARUH ALAT KOMUNIKASI HAND PHONE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 TOMONI

Sanjaya Sandana

Sari


Penelitian ini adalah penelitian Expost-Facto yang bersipat korasional. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh alat komunikasi hand phone terhadap hasil belajar matematika pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Tomoni. Populasi dalam penelitian ini adalah Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Tomoni pada tahun ajaran 2015/2016 yang terdiri dari 7 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling yakni dipilih sebanyak 40 orang dari sejumlah siswa yang ada pada sejumlah kelas tersebut. Untuk mengolah data hasil penelitian digunakan statistik deskriptif dan teknik statistik inferensial. Statistik deskriptif dimaksudkan untuk menggambarkan karakteristik responden secara tunggal, dengan menggunakan rata-rata, standar deviasi, persentase, modus dan median. Sedangkan statistik inferensial yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa deskriptif prestasi belajar matematika berkisar antara 65,00 sampai 85,00, dengan median 76,00, modus 65,00, rata-rata 75,06, serta standar deviasi 6,18. Hasil statistik inferensial dengan model regresi menunjukkan bahwa Fhit = 0,226 dengan nilai P = 0,638. hal ini menunjukkan bahwa Ho di tolak H1 diterimah pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan keputusan ini bahwa sarana transportasi mempunyai pengaruh positif terhadap pretasi belajar matematika Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Tomoni tahun ajaran 2015/2016. Dimana koefesien korelasinya R=0,089 yang berarti 89% dan koefesien determinasi R2 = 0,008 yang berarti 0,8%.

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.