PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT(TEAMS GAMES TOURNAMENT) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Rizky Ramadhana

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar hasil belajar matematika peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) dengan pendekatan saintifik, dan juga untuk mengetahui hasil belajar matematika peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) dengan pendekatan saintifik telah mencapai standar minimal. Penelitian ini adalah penelitian pre eksperimen dengan desain One-shot case study yang melibatkan dua variabel yakni model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) dengan pendekatan saintifik sebagai variabel bebas dan hasil belajar matematika sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Gantarangkeke tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 75 orang yang terbagi ke dalam tiga kelas, yaitu kelas VIIA dengan jumlah peserta didik 25 orang, kelas VIIB dengan jumlah peserta didik 25 orang dan kelas VIIC dengan jumlah peserta didik 25 orang. Sampel penelitian ini adalah kelas VIIA dimana penentuan kelas dilakukan secara random. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar matematika peserta didik SMP Negeri 1 Gantarangkeke yang diajar menggunakan model kooperatif tipe TGT yaitu 75,20 termasuk kategori sedang dengan standar deviasinya 6,35. Dan hasil analisis inferensial menunjukkan bahawa hasil belajar matematika peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Gantarangkeke tahun ajaran 2015/2016 yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran kooepratif tipe TGT (Teams Games Tournament) dengan pendekatan saintifik telah mencapai standar minimal.

Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT, Pendekatan Saintifik, Hasil Belajar

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Anonim. Pendekatan dan Strategi Pembelajaran.

Pengantarmadrasah. files.wordpress.com

Arikunto,Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Kementrian Pendidikan dan kebudayaan. 2013. Modul Pelatihan Kurikulum 2013. Jakarta: Politeknik Negeri Media Kreatif.

Kementrian pendidikan dan kebudayaan. 2013. Diklat Guru: Dalam Rangka Implementasi Kurikulum 2013. Akhmadsudrajat.files.wordpres.com

Kementrian Pendidikan dan kebudayaan. 2014. Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013. Kemdikbud.go.id.

Ramadhani, Dwi W. 2014. Penerapan Model Kooperatif Tipe Team Games Tournament (Tgt) Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Peserta didik Di Kelas X7 MAN 1 Model Kota Bengkulu. Skripsi tidak diterbitkan. Bengkulu: FKIP Jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Bengkulu.

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Slavin, Robert E. 2008. Cooverative Learning: Teori, Riset, dan Praktek. (Terjmahan). Bandung: Nusa Media.

Sudjana. 2005. Metode Statistik. Bandung: PT.Tarsito.

Trianto. 2011. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Widyantini, 2008. Penerapan Pendekatan Kooperatif STAD dalam Pembelajaran Matematika SMP. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.