PENGGUNAAN METODE DRILL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Nida Wahyuni

Sari


Matematika merupakan salah satu pelajaran yang membutuhkan pemahaman yang baik. Pemahaman tersebut dapat diwujudkan guru dengan pemilihan metode mengajar yang efektif. Salah satu metode yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika adalah metode drill. Metode drill merupakan metode latihan yang diterapkan dalam pembelajaran matematika. Peneliti mencoba menggunakan metode drill pada pembelajaran matematika. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah penggunaan metode drill dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa?. Adapun tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui penggunaan metode drill. Penelitian ini bermanfaat untuk menambah wawasan dan meningkatkan mutu pendidikan di sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari 2 siklus, yaitu 3 kali pertemuan per siklus dan 1 kali tes di akhir siklus. Subjek dari penelitian ini adalah siswa XII IPS1 SMA Negeri 1 Palopo. Metode pemecahan masalah adalah penggunaan metode drill dalam pembelajaran matematika pokok bahasan Integral. Instrumen penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan oleh seorang guru dan pengamat. Keberhasilan penelitian ini ditentukan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu 75 dan secara klasikal 85 %. Dengan demikian penelitian tindakan kelas ini diharapkan berhasil sehingga peneliti merekomendasikan penggunaan metode drill dalam pembelajaran matematika.

Kata Kunci : Pembelajaran, Matematika, Metode Drill

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Ari, Rosihan dan Indriyastuti, Perspektif Matematika, Jakarta:Platinum, 2000.

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: PT Rineka Cipta, 1993.

Azwar, Syaefudin, Metode Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Pelajar,1998.

Bahri Djamarah, Syaiful dan Aswan Zain. Strategi Belajar Mengajar, Cet.IV; Jakarta:Rineka Cipta. 1995.

Dimyanti dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta:Rineka Cipta, 1994. [6] Hamalik, Oemar, Proses Belajar Mengajar, Cet.I; Jakarta:Bumi Aksara, 2001. [7] Hariono, “Tinjauan Tentang Metode Drill”, Jasa Pembuatan web.co.id, 18 Agustus 2008,http://jasapembuatanweb.co.id/artikel-ilmiah/tinjauan-tentangmetode-drill (25 Februari 2013).

Kunandar, Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru, Edisi Pertama Cet.VII; Jakarta: Rajawali Pers, 2011.

Mega Eriska R.P,”Efektivitas Metode Drill Berbantuan “Smart Mathematics Module” Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas XI SMK Teuku Umar Semarang”, Skripsi, Semarang: Universitas Negeri Semarang, 2013, td.

Mursalin, Strategi Pembelajaran Matematika, Palopo: Dinas Pendidikan, 2010. Upaya peningkatan hasil belajar matematika melalui pendekatan model quantum learning dengan setting kooperatif pada kelas XII IPS2 SMA Negeri 1 Palopo, Laporan Hasil Penelitian, Palopo: Dinas Pendidikan Nasional SMA Negeri 1 Palopo, 2012.

Nasution, Noehi, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Proyek Peningkatan Mutu Guru SD Setara D-II dan Pendidikan Kependudukan, 1993.

Negoro , ST dan B. Harahap, Ensiklopedia Matematik, Jakarta: PT Ghalia Indonesia, 1999.

Nurhayati, Fitri, et.al., Efektivitas Pembelajaran dengan Metode Drill and Practice and Learning Circle 5E Disertai Media Pembelajaran Crossword Puzzle terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Hidrokarbon Kelas X Semester Genap SMA Negeri Kebakkramat Tahun Pelajaran 2012/2013, Jurnal Pendidikan Kimia, Universitas Sebelas Maret. vol. 2. nomor 3, 2013.

Regards, “Pengertian Hasil Belajar Menurut Para Ahli,” Blog Regards, http://www.masbied.com/2012/02/21/pengertian-hasil-belajar-menurut-paraahli/( 25 Februari 2013).

Roestiyah NK, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Bina Aksara, 1984.

Sardiman A.M, Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar, Edisi Pertama, Jakarta:Rajawali Pers, 2006.

Subijanto, Pengaruh Pembelajaran dengan Pendekatan Problem Posing terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII di MTs Negeri 22 Kampus B Munjul Jakarta Timur Tahun Pelajaran 2005/2006, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian Pendidikan Nasional, vol. 17 nomor 2, 2011.

Sudjana, Nana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Cet XI; Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2006.

Suhardjono, Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Kegiatan Pengembangan Profesi Guru, Jakarta: Bumi Aksara, 2007.

Surakhmad, Winarno, Pengantar Interaksi Belajar Mengajar. Bandung: Tarsito. 1994.

Sriyono, dkk, Teknik Belajar Mengajar dalam CBSA, Cet. I; Semarang:Rineka Cipta, 1991.

Tukiran Taniredja, Irma Pujiati, dan Nyata, Penelitian Tindakan Kelas Untuk Pengembangan Profesi Guru, Cet I; Bandung: Alfabeta, 2010.

Wirartha, I Made, Pedoman Penulisan Usulan Penelitian, Skripsi, dan Tesis, Edisi Pertama, Yogyakarta: ANDI, 2007.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.