PELUANG PEMANFAATAN LAHAN KOSONG UNTUK BUDIDAYA TANAMAN SAGU (METROXYLON SAGO) DI KELURAHAN BOSSO KABUPATEN LUWU

Sry Hastuti

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui peluang pemanfaatan lahan kosong budidaya tanaman sagu (Metroxylon sago) di Kelurahan Bosso Kecamatan Walenrang Utara Kabupaten Luwu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksploratif untuk mendeskripsikan peluang pemanfataan lahan kosong untuk budidaya sagu. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan kuesioner. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah dengan menggunakan metode Purpose Sampling yaitu teknik pengambilan sampel secara sengaja. Hasil penelitian menunjukkan peluang pemanfaatan lahan kosong untuk membudidayakan tanaman sagu Kelurahan Bosso Kecamatan Walenrang Utara adalah cukup besar, luas lahan kosong sekitar 20,10 Ha dan pemanfaatan paling optimal dengan Revenue cost ratio adalah 1,85 dinyatakan layak.

Kata Kunci: Sagu, Budidaya, Pemanfaatan lahan kosong.

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Dina lena yosina krev,1998 Eksplorasi jenis-Jenis Sagu Potensial di Sulawesi Tenggara. Makalah Poster Pada Seminar Nasional Sagu Untuk Ketahanan Pangan. Manado, 6 Oktober 2003.

Haryanto, B. dan Pangloli, P., 1992. Potensi dan Pemanfaatan

Sagu. Kanisius. Yogyakarta.

Hayati N, Rini Purwanti dan Abd. Kadir W. 2014. Preferensi Masyarakat Terhadap Makanan Berbahan Baku Sagu (Metroxylon sagu Rottb) Sebagai Alternatif Sumber Karbohidrat di Kabupaten Luwu dan Luwu Utara Sulawesi Selatan. JURNAL Penelitian Sosial dan Ekonomi Kehutanan Vol. 11 No. 1 Maret 2014, Hal. 82 – 90.

SIMPD. 2000. Profil Pengembangan Industri. Kantor Wilayah Perindustrian Sultra. Kendari.

Permentan. 2013. Pedoman Budidaya Sagu (Metroxylon spp). Lampiran Peraturan Menteri Pertanian Republik Indonesia Nomor 134/Permentan/Ot.140/12/2013 1 /11/tentang Pedoman Budidaya Sagu (Metroxylon Spp) Yang Baik. Jakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Article Metrics

Sari view : 74 times
Tidak berjudul - 213 times