SIMULASI MONTE CARLO PADA PENENTUAN PERUBAHAN HARGA SAHAM ADHI.JK MELALUI PENDEKATAN PROSES WIENER DAN LEMMA ITÔ

Zulfiqar Busrah, Budyanita Asrun

Sari


Saham merupakan tanda penyertaan modal seseorang atau pihak dalam perusahaan atau perseroan terbatas. Dalam investasi saham, investor tidak hanya memiliki peluang dalam memperoleh keuntungan, namun juga memiliki risiko kerugian dalam waktu yang relatif singkat. Dengan ini, dibutuhkan analisis prediksi perubahan harga saham. Salah satu analisis perubahan harga saham yang dapat dilakukan adalah analisis teknikal dengan menggunakan historical prices. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan simulasi Monte Carlo dalam menentukan perubahan harga saham. Model perubahan harga saham menggunakan pendekatan proses Wiener dan penerapan Lemma Itô yang direpresentasikan dalam Persamaan Diferensial Stokastik. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk membandingkan nilai expected return dan volatilitas harga saham berdasarkan teori dan hasil simulasi. Data yang digunakan adalah historical prices dari saham Adhi Karya (Persero) Tbk (ADHI.JK) pada periode 1 April 2015 sampai dengan 30 Maret 2016 yang terhitung selama 255 hari perdagangan. Selanjutnya distribusi harga saham melibatkan fungsi Log Normal yang harus memenuhi proses Itô. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa perubahan harga saham dari waktu ke waktu mengalami fluktuasi. Selain itu, diperoleh bahwa dengan menggunakan fungsi Log Normal, sebaran harga saham pada hari ke-30 juga membentuk kurva lognormal, sedangkan log harga saham berdistribusi normal. Semakin banyak percaobaan yang dilakukan akan memberikan kurva log normal dan kurva normal yang semakin mulus. Selisih hasil nilai expected return dan volatilitas berdasarkan teori dan simulasi bergantung pada jumlah percobaan yang dilakukan, dan bilangan acak yang dibangkitkan.

Kata Kunci : Prediksi harga saham, Proses Wiener, Lemma Itô , Simulasi Monte Carlo.

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Hendrawan R. & Yanida P., Analisis Perbandingan Kinerja Value at Risk Berbasis ARCH, GARCH, dan EGARCH Sebelum, Saat dan Setelah Krisis Global Tahun 2008 pada JKSE, KLSE, KLSE, STI, PSEI, HIS, KOSPI, SSEddan N225. Jurnal Manajemen Indonesia., Vol. 12 – No.4. 2013.

Budiarti, Retno., Peramalan Harga Saham Sharp Dengan Menggunakan Model Arima-Garch dan Model Generalisasi Proses Wiener,Departemen Matematika FMIPA ,IPB, Bogor. 2012.

Herawati, Sri., Peramalan Harga Saham Menggunakan Integrasi Empirical Mde Decomposition dan Jaringan Syaraf Tiruan. Jurnal Ilmiah Mikrotek. Vol1.No.1. 2013.

Higham, Desmond.J., An Introduction to Financial Option Valuation.:

Cambridge University Press. New York. 2009.

Hull, John C.,Option, Future , and Other Derivatives Seventh Edition. New Jersey: pearson Prentice Hall. 2009.

Nuringsih, Kartika dan Koridama, Michael, Penerapan Single Index Model dalam mengestimasi beta saham, Jurnal Ekonomi, 02 :179-192. 2008.

Setiawan, Wahyu., Prediksi Harga Saham Menggunakan Jaringan Syaraf Tiruan Multilayer Feedforward Network dengan Algoritma Backpropagation. Konfrensi Nasional Sistem dan Informatika. Bali. 2008.

Suprapto, H., Suharyadi dan Marsoem, Bambang. S., Single Index Model Untuk Menetapkan Portofolio Optimal, Jurnal SWOT: vol 3:60-66. 2010.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Article Metrics

Sari view : 192 times
Tidak berjudul - 487 times