EFEKTIVITAS MODEL BRAIN BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MAHASISWA FISIKA UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO

Yulvinamaesari Yulvinamaesari, Eka Pratiwi Tenriawaru

Sari


Penelitian ini adalah penelitian Pra-Eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest dan posttest design yang dirancang untuk mengetahui efektifitas model Bran-Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif pada mahasiswa fisika Universitas Cokroaminoto Palopo. Instrumen yang digunakan adalah instrument tes dan instrument non test. Pada tahap berikutnya yaitu tahap melakukan pengumpulan data berdasarkan instrumen yang telah diperoleh, diterapkan pada sampel yang dipilih dalam kegiatan penelitian ini. Teknik analisis yang akan digunakan adalah dengan menggunakan uji-t, uji normalitas sebaran, uji homogenitas varians, dan uji hipotesis statistic. Tujuan jangka panjang yang diharapkan dari penelitian ini adalah Memberi informasi pada dosen tentang efektifitas model Brain-Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif pada mahasiswa fisika serta memberikan informasi pada dosen tentang model pembelajaran yang berorientasi pada upaya pemberdayaan potensi otak mahasiswa sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Target khusus penelitian adalah untuk mengetahui gambaran tentang kemampuan berpikir kreatif pada mahasiswa fisika.

Kata-kata Kunci: Model Brain-Based Learning, Berpikir kreatif, Fisika

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Ahmad, Satria. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Halim Jaya [2] Arikunto, Suharsimi. 2009. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Fauziah, Yuli Nurul. 2011. Analisis Kemampuan Guru dalam Mengembangkan Keteramppilan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar kelas V pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Makalah Edisi Khusus No.2, Agustus 2011.

Meylina. 2011. Strategi Pembelajaran Berbasis Berpikir kreatif (MI) Untuk Pencapaian Kompetensi Dalam Pembelajaran. Online (http://meilinajasmine.blogspot.com/2011/12/aplikasi-teknologi-pendidikan-dalam.html). Diakses Tanggal 10 April 2014.

Nugraha. 1985. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV Permadi.

Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan sastra (Edisi Ketiga). Yogyakarta: BPFE.

Gunawan dan Marzuki. 2004. Statistik Terapan Untuk Penelitian Ilmu-ilmu Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Nurhandayani, Dini. 2011. Penerapan Brain Based Learning dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Koneksi Matematis mahasiswa. (Online). (http:// http://dinidinidini.wordpress.com/2011/01/04/140/). Diakses Tanggal 10 April 2014.

Sapa’at, A. 2007. Brain Based Learning. (Online), (http://matematika.upi.edu/ index. php/ brain-based-learning), Diakses Tanggal 10 April 2014.

Tawil, Muhammad. 2011. Berpikir Kompleks. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Veynisha. 2011. Model Pembelajaran Brain Based Learning (BBL). Online (http://veynisaicha.blogspot.com/2011/07/model-pembelajaran-brain-basedlearning.html). Diakses Tanggal 10 April 2014.

Sugiharti. 2005. Penerapan Teori Berpikir kreatif dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan No. 05/TH IV/Des 2005.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.