PERANAN NILAI SPORTIFITAS PENDIDIKAN JASMANI DALAM MENGAHADAPI MASYARAKAT EKONOMI ASEAN

Nuryanti Nuryanti

Sari


Indonesia melakukan berbagai kebijakan dalam mempersiapkan Bangsa Indonesia menghadapi persaingan Era MEA. Berdasarkan fungsi pendidikan nasional dalam UU No. 20 Tahun 2003, dalam bidang pendidikan khususnya Pendidikan Jasmani pemerintah tidak hanya meningatkan kualitas pengajaran ilmu olahraga dan jasmani tetapi juga meningkatkan pengembangan nilai-nilai luhur etika berbangsa dan bernegara yang sesuai dengan karakteristik bangsa guna meningkatkan potensi peserta didik dalam rangka menghadapi Era MEA. Nilai-nilai etika Pendidikan Jasmani yang sesuai karakter budaya bangsa antara lain menghormati, menghargai, komitmen tinggi, displin, jujur, bertanggung jawab, dan berbagai nilai luhur yang lain yang membentuk nilai luhur utama Pendidikan Jasmani yaitu sikap sportifitas. Penerapan sikap sportifitas beserta nilai-nilai luhur yang mempengaruhi terbentuknya sikap sportifitas dapat mengatasi masalah yang dihadapai di Era MEA. Sikap sportifitas dalam Pendidikan Jasmani dapat membentuk karakter peserta didik yang memiliki jiwa kompetitif yang tinggi. Sehingga dalam kompetisi di berbagai bidang Era MEA senantiasa mematuhi aturan yang berlaku, tidak mudah menyerah, bertanggung jawab dan disiplin. Sikap spotifitas mendorong peserta didik memiliki daya saing yang tinggi.

Kata kunci: Sportivitas, Pendidikan Jasmani, MEA

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Armanto pribadi. Desember 2010. Fair Play. Makalah yang disajikan dalam Seminar nasional Sport Enterpreuneur, di FIK UNY.

Dimyati. (2010). Peran Guru sebagai Model Dalam Pembelajaran Karakter dan Kebajikan Moral Melalui Pendidikan Jasmani.Yogyakarta: Cakrawala Pendidikan, 85-98.

Hamalik, Oemar. (2009). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo Offset.

Lutan, Rusli.( 2001). Olahraga dan etika fair play. Jakarta: Direktorat Pemberdayaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Olahraga, Direktorat Jenderal Olahraga, Depertemen Pendidikan Nasional.

Robert S. Weinberg., Daniel Gould. (2007). Foundations of sport and exercise psychology. Human Kinetics Publisher. Four Edition.

Suroso, G.T. (2015). Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) dan Perekonomian Indonesia. http://www.bppk.kemenkeu.go.id/publikasi/artikel/150-artikelkeuangan umum/20545 masyarakat-ekonomi-asean-mea-dan-perekonomianindonesia, diakses 19 April 2016.

Undang-undang republic Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.