ANALISIS WARNA, SUHU, pH DAN SALINITAS AIR SUMUR BOR DI KOTA PALOPO

Hasrianti Harianti, Nurasia Nurasia

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas kimia dan fisika air sumur bor di Kota Palopo. Kualitas kimia air yang diteliti meliputi analisis derajat keasamaan (pH) dengan menggunakan pH meter, salinitas air dengan menggunakan salinometer. Pengujian kualitas fisika air meliputi penentuan suhu dengan menggunakan thermometer dan pengujian warna dengan menggunakan indra penglihatan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari dua sampel yakni sampel A dan sampel B. Pengujian pH, salinitas, kekeruhan dan suhu dilaksanakan dilaboratorium Sel dan Jaringan Fsains Universitas Cokroaminoto Palopo. Hasil pengujian dari sampel A menunjukkan bahwa warna air keruh, suhu 26o C, pH sebesar 7,6 dan salinitas 1.5 ‰. Sedangkan untuk sampel B menunjukkan bahwa warna air bening, suhu 26o C, pH sebesar 7,4 dan salinitas 0.5 ‰.

Kata Kunci: Air sumur bor, warna, suhu, pH, salinitas.

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Chapman. D. Water quality assesment- A guide to use of biota, sediments and water in environmental monitoring-second edition. : Cambridge University Press : Inggris, 2000.

Effendi, H. Telaah Kualitas Air. Kanisius. Yogyakarta, 2003.

Kusnaedi. Mengelolah Air Kotor untuk Air Minum. Penebar Swadaya: Jakarta, 2010.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 82 Tahun 2001 Tentang Pengelolaan Kualitas Air dan Pengendalian Pencemaran Air.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 416 Tahun 1990 Tentang Syarat-syarat dan Pengawasan Kualitas Air.

Sitti Munifah, dkk. Physical and Chemical Water Quality of Dug and Bore Well in the Working Area of Public Health Center II Guntur Demak Regency. Jurnal Kesehatan Lingkungan Indonesia Vol. 12 No. 2 / Oktober 2013.

Suriawiria, U. Air dalam Kehidupan dan Lingkungan yang Sehat. Penerbit PT. Alumni: Bandung, 2005.

Suripin. Pelestarian Sumber Daya Tanah dan Air. Penerbit Andi: Yogyakarta, 2001.

Sutrisno, T. Teknologi penyediaan air bersih. Rineka Cipta: Jakarta, 2006.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Article Metrics

Sari view : 120 times
Tidak berjudul - 3836 times