INVESTIGASI PENYEBARAN LAPISAN PEMBAWA EMAS MENGGUNAKAN METODE GEOLISTRIK RESISTIVITY DI KELURAHAN LATUPPA

Aryadi Nurfalaq, Rahma Hi. Manrulu

Sari


Bukit Siguntu, Kelurahan Latuppa merupakan salah satu daerah yang memiliki sumber daya mineral yang potensial berupa emas (Au). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui struktur batuan bawah permukaan berdasarkan nilai tahanan jenisnya dan mengidentifikasi batuan pembawa emas di Bukit Siguntu, Kel. Latuppa. Metode yang digunakan adalah survey geologi dan metode geolistrik tahanan jenis konfigurasi Wenner. Pengukuran geolistrik dibagi ke dalam dua lintasan dengan panjang masingmasing bentangan 100 m dan 98 m. Berdasarkan hasil pengukuran nilai tahanan jenis batuan bawah permukaan untuk lintasan I dan lintasan II diperoleh lapisan I dengan tahanan jenis <1.000 Ωm diinterpretasikan sebagai lempung hasil lapukan batuan sedangkan lapisan II memiliki nilai tahanan jenis > 1.000 Ωm yang diinterpretasikan sebagai granit. Keterdapatan urat – urat kuarsa pada granit dan adanya zona mineralisasi yang mengandung mineral pirit, kalkopirit dan kuarsa di lokasi penelitian merupakan penciri keberadaan lapisan emas di Bukit Siguntu.

Kata Kunci: tahanan Jenis, emas, geolistrik

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Azhari dan Handayani Gunawan, 2004, Penerapan Metode Geolistrik Konfigurasi Schlumberger untuk Penentuan Tahanan Jenis Batubara, Jurusan Geofisika Terapan, Institut Teknologi Bandung, Bandung.

Lilik, Hendrajaya dan Idam Arif, 1990, Monograf, Geolistrik Tahanan Jenis. Laboratorium Fisika Bumi ITB. Bandung.

M.H Loke, 2004, Tutorial: 2-D and 3-D Electrical Imaging Surveys. Penang: Geotomo.

J. Milsom, . 2003. Field Geophysics Third Edition. London: John Wiley & Sons Ltd.

Musa, Dahlan Th., 2004, Pemetaan Sebaran Aquifer Di Bagian Timur Cekungan Air Tanah(CAT) Gorontalo dengan Metode Geoistrik Tahanan Jenis. Tesis Institut Teknologi Bandung, Bandung.

Aryadi Nurfalaq, 2016, Pemodelan Struktur Batuan Bawah Permukaan Daerah Bua’e Kabupaten Sidrap Menggunakan Metode Geolistrik Tahanan Jenis. Jurnal Ilmiah d’ComPutarE Volume 6 Nomor 1.

W.M. Telford, L.P. Geldart, R.E. Sheriff, 1990, Applied Geophysics Second Edition. New York: Cambridge University Press.

Viridi S, dan Hilfan K,. 2010, Modul Semester Break Fisika Bumi, Jurusan Fisika ITB, Bandung.

B.N. Widi, 2004, Studi Mineralogi dan Inklusi Fluida terhadap Mineralisasi Emas- Tungsten Siguntu-Latupa, Kab. Luwu-Sulawesi Selatan. Laporan Kelompok Kerja Mineral, Pusat Sumber Daya Geologi, Bandung.

Wuryantoro, 2007, Aplikasi Metode Geolistrik Tahanan Jenis Untuk Menentukan Letak dan Kedalaman Aquifer Air Tanah (Studi Kasus di Desa Temperak

Kecamatan Sarang Kabupaten Rembang Jawa Tengah, Skripsi jurusan Fisika MIPA Universitas Negeri Semarang, Semarang

(http://www.google.com/UNM/MIPA),diakses 9Januari 2010.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.