PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK TUDASSIPULUNG

Rustan Santaria, Jufriadi Jufriadi, Risman Risman, Rusdiana Junaid

Sari


Pembelajaran koopratif teknik Tudassipulung adalah model pembelajaran yang dapat diasumsikan relevan dengan paradigma baru pendidikan tersebut di atas karena teknik Tudassipulung cocok dengan kinerja otak, untuk menyusun pola-pola yang mewujudkan makna, dengan cara menghubungkan muatan akademis dengan konteks kehidupan sehari-hari dalam wujud kerjasama (kerja kolompok) dalam hal ini [maha] siswa berlatih mengolah informasi termasuk informasi akademik yang berkaitan langsung dengan pengalaman dalam kontekskehidupan sehari-hari peserta didik. Pembelajaran menjadi lebih bermakna dan riil apabila praktek pembelaran kooperatif diterapkan dalam proses pembelajaran di kelas. Artinya siswa dituntut untuk dapat menangkap hubungan antara pengalaman belajar di kampus/sekolah dengan kehidupan nyata. Hal ini sangat penting, sebab dengan dapat mengorelasikan materi yang ditemukan dengan kehidupan nyata, bukan saja bagi siswa materi itu akan berfungsi secara fungsional, akan tetapi materi yang dipelajarinya akan tertanam erat dalam memori [maha] siswa, sihingga tidak akan mudah dilupakan.

Kata-kata Kunci: model pembelajaran, kooperatif, teknik tudassipulung.

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Pendekatan Kontekstual. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Depdiknas. (2009). Lesson Study Dissemination Prograam for Strengthening Teacher Education in Indonesia. Jakarta: Depdiknas

Jim Scrivener. (2013). http://www.geocities.com/SoHo/Squqre/3472/arc.html diakses pada tanggal 29 September 2013.

Listyanti, R. (2012). Pendidikan Karakter dalam Metode Aktif, Inovatif, dan Kreatif, Jakarta: Esesnsi.

Rusman. (2011). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profresionalisme Guru, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudrajat.(2013). Antara Pembelajaran Kolaboratif denganPembelajaran Kooperatif, http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2013/05/06/pembelajaran-kolaboratifdan-pembelajaran-kooperatif/ diakses pada tanggal 21 Oktober 2013.

Pennen P., dkk. (2005). Konstruktivisme dalam Pembelajaran, Jakarta: PAUPPAI, Universitas Terbuka.

Wina Sanjaya. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Proses Standar Proses Pendidikan, Jakarta : Kencana Prima.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.