PENINGKATAN MENULIS PARAGRAF MELALUI PENERAPAN LESSON STUDY MAHASISWA SEMESTER 1B PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

M Nur Hakim

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil penerapan lesson study dalam meningkatkan pembelajaran menulis paragraf Mahasiswa Semester 1B Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan jumlah mahasiswa dalam kegiatan ini berjumlah 37 orang, yang terdiri atas 3 orang laki-laki dan 34 orang perempuan. Adapun langkah-langkah penerapan lesson study ini meliputi beberapa tahapan, yaitu plan (perencanaan), do (tindakan), dan see (refleksi). Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata perolehan nilai mahasiswa dalam pembelajaran menulis paragraph melalui penerapan lesson study mengalami peningkatan yang signifikan. Hal tersebut tampak pada perolehan nilai setiap siklus mengalami peningkatan. Rata-rata perolehan nilai pada siklus I 67,30, pada siklus II 70,95, siklus III 74, 46, dan pada siklus IV telah mencapai 80,95. Sesuai dengan hasil pelaksanaan diajaukan saran kepada dosen atau guru untuk menjadikan lesson study sebagai salah satu alternatif dalam mengatasi masalah pembelajaran.

Kata Kunci: Lesson Study, Menulis Paragraf

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Arikunto, Suharsimi. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara. 2007.

Djumingin, Sulastriningsih. Strategi dan Aplikasi Model Pembelajaran Inovatif Bahasa dan Sastra. Makassar: UNM. 2011.

Kosasih. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Yrama Widya. 2012.

Nurgiyantoro, Burhan. Penilaian Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE, 2001.

Pamungkas, Sri. Bahasa Indonesia dalam Berbagai Perspektif: Dilengkapi dengan Teori, Aplikasi, dan Analisis Penggunaan Bahasa Indonesia Saat Ini. Yogyakarta: Andi, 2012.

Putri, dkk. Pelaksanaan lesson study dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII.5 MTsN Lubuk Buaya Padang. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran Volume 1 Nomor 1 (online), dalam http://ejournal.unp.ac.id/index.php/bsp/article/viewFile/5031/3983. 2013. Diakses Tanggal 15 Oktober 2015.

Tarigan, Henry Guntur. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa, 2008.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Article Metrics

Sari view : 23 times
Tidak berjudul - 34 times