ANALISIS KUALITAS LAYANAN AKADEMIK UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO

Abdul Zahir, Saddang Saputra

Sari


Perguruan tinggi sebagai instrumen penting dalam proses memajukan kehidupan berbangsa dan bernegara harus memperhatikan kualitas layanan yang diberikan. Perguruan tinggi harus memaksimumkan pengalaman pelanggan yang menyenangkan dan meminimumkan atau meniadakan pengalaman pelanggan yang kurang menyenangkan. Tidak terkecuali dengan Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP) harus meningkatkan kualitas layanan dalam menghadapi arus globalisasi pendidikan. Tujuan utama yang dicapai dalam penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui kualitas layanan akademik di UNCP berdasarkan dimensi keandalan, daya tanggap, jaminan, empati, dan bukti fisik, dan 2) untuk mengetahui dimensi-dimensi apa yang harus diprioritaskan dalam upaya meningkatkan layanan akademik di UNCP. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan model penelitian survey berdasarkan jawaban responden atas daftar penyataan yang diberikan. Penelitian ini dilaksanakan di 4 fakultas dan 11 program studi dilingkup UNCP. Penelitian yang dilakukan untuk mengungkap kualitas layanan akademik UNCP telah melahirkan beberapa kesimpulan. Berdasarkan analisis Servqual memperlihatkan dimensi keandalan, daya tanggap, jaminan, empati, dan bukti fisik layanan akademik UNCP terkategori baik. Hal yang sangat perlu diprioritaskan UNCP adalah layanan dalam dimensi jaminan yakni kualifikasi dosen, penguasaan dosen, keramahan dosen, dan penampilan dosen.

Kata Kunci: kualitas layanan akademik, analisis servqual, penelitian survey, perguruan tinggi

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Agung, I.G.N. 2004.Manajemen Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi: KiatKiatUntuk Mempersingkat Waktu Penulisan Karya Ilmiah yang Bermutu. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Alma, Buchari. 2003. Pemasaran Stratejik Jasa Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Aritonang, R. Lerbin R. 2005. Kepuasan Pelanggan : Pengukuran dan Panganalisisan dengan SPSS, Jakarta, PT Gramedia Pustaka Utama.

Jasfar, Farida. 2005.Manajemen Jasa Pendekatan Terpadu Bogor: Ghalia Indonesia.

Ratminto & Atik Septi Winarsih. 2006. Manajemen Pelayanan Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

_________________. 2008. Manajemen Pelayanan : Pengembangan Model

Konseptual, Penerapan Citizen’s Charter dan Standar Pelayanan Minimal, Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Tjiptono, Fandy & Gregorius Chandra. 2011. Service, Quality & Satisfaction Yogyakarta: Penerbit Andi.

Tjiptono, Fandy. 2008. Manajemen Jasa Yogyakarta: Penerbit Andi.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Article Metrics

Sari view : 46 times
Tidak berjudul - 765 times